6.962 Permudik Asal Kabupaten Tegal Kembali ke Perantauan Pakai Bus

6.962 Permudik Asal Kabupaten Tegal Kembali ke Perantauan Pakai Bus

PANTAUAN - Kasi Angkutan dan Terminal Dishub memantau pemudik asal Kabupaten Tegal di terminal Dukuhsalam--

RADAR TEGAL - Sebanyak 6.962 pemudik asal Kabupaten Tegal telah kembali ke perantauan menggunakan bus sejak H+5 lebaran. Adapun keberangkatan mereka dari 3 terminal, yakni, Adiwerma, Dukuhsalam, dan Yomani.

Meski begitu, diprediksi jumlah pemudik asal Kabupaten Tegal yang kembali ke pemantauan masih akan berlanjut. Sebab, gelombang arus balik lebaran akan terus berlangsung hingga 21 April 2024 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Angkutan Terminal, Agil Suprayogi menyatakan puncak arus balik lebaran sudah terjadi pada H + 3 lebaran. Dengan jumlah pemudik asal Kabupaten Tegal yang berangkat dari tiga terminal mencapai angka 1.927 penumpang. 

"Jumlah pemudik asal Kabupaten Tegal, jika dibanding dengan tahun sebelumnya ada peningkatan. Yakni, sebanyak 14,51 persen," ujarnya Rabu 17 April 2024.

BACA JUGA: Jalur Pantura Brebes Padat Pemudik, Wilayah Selatan Ramai dengan Pengendara Roda Dua

Sementara itu, katanya, dari pantauan loket bus di terminal, semua tiket balik yang dijual oleh masing - masing PO sudah habis. Bila berkaca pada tahun lalu angka penumpang yang balik ke Jabodetabek ada sekitar 13.000 orang.

"Berarti diprediksi masih sisa 6.000 pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek dalam minggu ini," cetusnya.

Budi mengatakan, selama musim mudik dan balik lebaran untuk semua bus eksekutif menaikkan tarifnya. Di kisaran 90 hingga 100 persen dan semuanya menjadi kewenangan masing - masing PO. 

"Untuk kapan tarif bus eksekutif kembali normal diprediksi baru akan terjadi diinterval tanggal 22 Apeil 2024 mendatang. Untuk bus masih banyak diminati pemudik asal Kabupaten Tegal, itu bisa dilihat dari tingginya animo pemudik memilih bus selain moda transportasi lainnya yang ada. (*)

Sumber: