H+3 Lebaran, Arus Balik di Pantura Tegal Masih Landai, Didominasi Sepeda Motor

H+3 Lebaran, Arus Balik di Pantura Tegal Masih Landai, Didominasi Sepeda Motor

Arus balik di Pantura Tegal didominasi kendaraan roda dua--

RADAR TEGAL - Arus lalu lintas pada musim mudik dan balik di Pantura Tegal pada H+3 lebaran, Sabtu 13 April 2024 masih landai. Itu, seperti yang terpantau dari pos pemantauan Pasar Anyar yang berada di jalur pantura.

Selain arus balik di Jalur Pantura Tegal, kendaraan yang melintas dari arah selatan juga terpantau belum ada kenaikan yang cukup signifikan. Hal itu berdasarkan pemantauan di Pos Kejambon.

Arus balik baik di Jalur Pantura Tegal maupun tengah masih didominasi kendaraan roda dua. Sementara, untuk kendaraan roda 4 masih belum banyak yang melintas.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi pada Arus balik di jalur Pantura Tegal, petugas Kepolisian dari Polres Tegal terus berjaga di sejumlah titik. Secara rutin mereka melakukan pengaturan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

BACA JUGA: Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Kapolres Brebes Instruksikan Penerapan One Way

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas mengatakan situasi arus lalu balik pada H+3 belum terlihat adanya peningkatan. Namun pihaknya sudah menyiapkan 2 tim dari Sat Samapta dan Sat Lantas untuk mengurai kemacetan 

"Ini untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kepadatan arus lalu lintas. Sehingga harapannya tidak sampai terjadi kemacetan di wilayah Kota Tegal," katanya.

Menurut Kapolres, pihaknya juga melakukan pengecekan pada pos-pos yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tegal. Mulai Pos Pasar Anyar, Pos Kejambon dan Pospam Rel KA Tirus untuk mengetahui situasi terkini arus lalu lintas pada H+3 lebaran Idul Fitri 1445 H.

Selanjutnya, Kapolres juga mengingatkan kepada petugas pengamanan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Melaksanakan patroli dan pengaturan arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan. 

BACA JUGA: 388 Personel Gabungan Amankan Arus Mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Tegal, Termasuk Tempat Wisata

"Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Jangan lupa saling berkordinasi dengan pos yang lain serta tim urai kemacetan apabila terjadi lonjakan arus lalu lintas," terangnya.

Salah satu pemudik Teguh Darmawan, saat beristirahat di Pos Pasar Anyar mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada petugas yang berjaga. Sebab, selama perjalanan baik saat mudik dan kali ini kembali ke Tangerang situasinya aman dan lancar. 

"Kalau ada sedikit ketersendatan itu hanya akibat ramainya situasi masyarakat yang menikmati masa liburan atau situasi pasar yang ada di jalur mudik. Tetapi dengan hadirnya petugas yang melakukan pengaturan, perjalanan mudik menjadi lancar," ujar Teguh.

Demikian informasi terkait Arus balik di jalur Pantura Tegal pada H+3 lebaran. Arus lalu lintas terpantau masih landai dan didominasi kendaraan roda 2. (*)

Sumber: