Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Kapolres Brebes Instruksikan Penerapan One Way

Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Kapolres Brebes Instruksikan Penerapan One Way

Kapolres Brebes (kanan) saat memantau arus mudik di Kabupaten Brebes. (Foto: Humas Polres Brebes)--

RADAR TEGAL - Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq memantau langsung lalulintas arus mudik Lebaran 2024 di wilayah Kabupaten Brebes, Sabtu 6 April 2024. Untuk mengurai kemacetan yang sempat terjadi pihaknya melakukan upaya rekayasa lalulintas dengan menerapkan sistem satu arah (one way) lokal di jalur tengah yang merupakan jalur mudik tujuan Purwokerto dan sekitarnya.

Kapolres Brebes menjelaskan, kemacetan yang sempat terjadi di jalur mudik Lebaran 2024 di Brebes akibat meningkatnya kendaraan usai dilakukan one way nasional di jalur tol. Kepadatan terjadi mulai dari keluar di Exit Tol Pejagan menuju Purwokerto.

Salah satu penyebabnya adanya antrean di SPBU dan adanya pertemuan arus di Simpang tiga Cermai Ketanggungan.

"Untuk mengurangi kepadatan ini kita lakukan rekayasa lalu lintas (one way) lokal untuk jalur pendek mulai dari jalur lingkar Ketanggungan (Bulakelor) sampai dengan Fly Over Dermoleng Ketanggungan," ujarnya di sela-sela memimpin rekayasa lalulintas, Sabtu 6 April 2024.

BACA JUGA: Malam Ini, Jalur Pantura Brebes Dipadati Pemudik Pakai Motor

Kapolres melanjutkan, kemacetan juga sempat terjadi di Kecamatan Larangan sampai dengan Songgom. Hal ini diakibatkan banyaknya aktivitas warga dan pasar serta persimpangan (crossing) sehingga kendaraan mengalami perlambatan.

Guna memperlancar arus lalulintas, pihaknya juga melakukan one way lokal jalur menengah sampai dengan Fly Over Klonengan Tegal.

"Usai dilakukan rekayasa lalulintas dengan sistem satu jalur kepadatan kendaraan dapat terurai," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya pengguna jalan raya agar selalu mengedepankan tertib berlalu lintas untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Serta tetap mematuhi petunjuk anggota dilapangan. 

"Sampai dengan saat ini situasi arus lalu lintas baik di jalur Pantura (arteri) maupun Jalur tengah (Pejagan-Purwokerto) ramai lancar," pungkasnya.(*)

Sumber: