388 Personel Gabungan Amankan Arus Mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Tegal, Termasuk Tempat Wisata

388 Personel Gabungan Amankan Arus Mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Tegal, Termasuk Tempat Wisata

-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Arus mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Tegal dipastikan dijaga ketat. Sebanyak 388 personel gabungan terjun untuk mengamankan.

Personel gabungan tersebut dari TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, Satpol PP, dan pramuka, Disporapar hingga Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan. Mereka mengamankan arus mudik Lebaran 2024.

Selain mengamankan arus mudik Lebaran 2024, tempat wisata di Kabupaten Tegal juga masuk dalam pengawasan. Hal ini disampaikan Pj Bupati Tegal Agustyarsyah usai melaksanakan Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Asrama Polisi (Aspol) Kalibliruk, Kecamatan Slawi, Kamis, 4 April 2024.

Agustyarsyah juga menjelaskan titik mana saja yang sekiranya rawan kemacetan pada arus mudik Lebaran 2024. Sementara dari sisi kebutuhan pokok, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh paguyuban yang ada di pasar.

BACA JUGA: 960 Konsumen Asal Semarang Ikut Mudik Balik Bareng Honda 2024

Tujuannya supaya lebih mudah untuk mengontrol dan mengendalikan harga serta jumlahnya, mengingat menjelang Idul Fitri kondisi pasar pasti sangat ramai. Sehingga menurutnya cara pengendalian yang baik adalah dengan berkoordinasi bersama paguyuban pedagang.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun menjelaskan skenario pengamanan Mudik Lebaran 2024 melalui Operasi Ketupat yang akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 4 hingga 17 April 2024.

Menurutnya, jumlah personel gabungan yang diterjunkan sebanyak 388 personel. Mereka dibagi ke beberapa pos untuk melakukan pengamanan.

Seperti di empat pos yang ada di Rest Area Jalan Tol, dua pos Terpadu di Jalur Pantura dan Exit Tol Adiwerna, satu pos Sinergitas TNI-Polri yang berlokasi di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa), dan satu lagi pos SAR Air di Objek Wisata Purwahamba Indah (Pur’in).

BACA JUGA: 5 Kendala Mobil Setelah Mudik yang Sering Muncul, Berikut Cara Mengatasi Penyakitnya

“Sementara untuk momen libur Lebaran tahun ini, kami sudah melakukan antisipasi lebih awal mengenai potensi kemacetan di jalur menuju objek wisata khususnya Pemandian Air Panas Guci. Kami memprediksi kepadatan pengunjung akan mulai terjadi pada H+1 lebaran yakni Jumat sampai Minggu,” katanya.

Di sini, pihaknya akan menempatkan personel di masing-masing hari dengan sistem pager betis, mulai dari simpang Yomani sampai jalan utama arah Guci.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pak Pj Bupati Tegal apabila kondisi wilayah atas atau Guci dan sekitarnya sudah penuh, maka otomatis akan kami alihkan kendaraan pengunjung ke jalur menuju wilayah Pemalang,” ungkapnya.

Selain objek wisata Guci, Kapolres Tegal mengungkapkan Polres Tegal juga akan fokus melakukan pengamanan di Objek Wisata Air seperti di Waduk Cacaban dan Purwahamba Indah (Pur’in).

Sumber: