Siaga 24 Jam, Dinkes Kabupaten Tegal Sediakan Pelayanan PSC 119 Gagian Nulung

Siaga 24 Jam, Dinkes Kabupaten Tegal Sediakan Pelayanan PSC 119 Gagian Nulung

SIAGA - Petugas Dinkes Kabupaten Tegal bersama lintas sektor saat siaga menyambut arus mudik dan liburan Hari Raya Idul Fitri 2024, Jumat 5 April 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bakal siaga 24 jam, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal menerima panggilan khusus untuk kegawatdaruratan medis. Masyarakat dapat menghubungi melalui PSC 119 'Gagian Nulung', melalui Nomor telepon khusus pula.

Hal tersebut dalam rangka kesiapsiagaan sektor kesehatan pada pengamanan arus mudik dan Libur Hari Raya Idul Fitri 2024. Dinkes Kabupaten Tegal melakukan beberapa kegiatan. 

Selain pelayanan PSC 119 selama 24 jam, Dinkes Kabupaten Tegal juga menyiagakan puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kabupaten Tegal untuk buka 24 jam, pemantauan keamanan pangan siap saji di beberapa titik rest area, serta menugaskan tim kesehatan siaga di sejumlah posko baik di rest area, objek wisata dan beberapa titik keramaian.

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal dr. Ruszaeni mengatakan, pengamanan ini berlangsung sejak 4 April hingga 16 April 2024 mendatang. Dalam pengamanan itu, tim dari Dinkes bergabung dengan anggota TNI, Polri, Dishub, BPBD, PMI serta lintas sektor lainnya.

BACA JUGA: Rekomendasi Mobil Hybrid Terbaru 2024, Hadirkan Suasana Mudik Lebaran yang Nyaman dan Hemat

"Di tanggal 4 sampai 16 April itu, kita siaga di pos terpadu dan rest area jalan tol," kata Ruszaeni, Jumat 5 April 2024. 

Dia menjelaskan, untuk pos terpadu tersebar di tiga titik. Yakni di Pos LIK Pantura Kramat, Pos exit tol Adiwerna Tegal dan Pos Trasa di Slawi.

Sedangkan di area tol yakni, di Pos Rest Area 275A Penarukan, Rest Area 287A Kali Cacaban, Rest Area Kertasari 294B dan Rest Area 282B Lebeteng.

"Di objek wisata, jadwal mulai tanggal 11 sampai 15  April," sambungnya.

Ruszaeni melanjutkan, tim Dinkes Kabupaten Tegal yang siaga di objek wisata yakni di Pos Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Waduk Cacaban Kedungbanteng dan Pemandian Air Panas Guci Bumijawa.

BACA JUGA: Exit Tol Pejagan Brebes Mulai Dipadati Pemudik Pada H-4 Lebaran, Pengelola Tol Buka 5 Gerbang

Menurut Ruszaeni, setiap pos difasilitasi armada ambulans yang dilengkapi dengan tenaga medis, paramedis serta driver. Tim kesehatan yang bertugas di posko kesehatan, bukan hanya tenaga kesehatan yang berasal dari Puskesmas, tetapi juga didukung oleh semua rumah sakit di wilayah Kabupaten Tegal.

Dinkes Kabupaten Tegal siaga 24 jam menerima panggilan khusus untuk kegawatdaruratan medis. Bagi masyarakat yang mengalami hal darurat medis dapat menghubungi PSC 119 'Gagian Nulung', melalui nomor telepon 08112626119. (*)

Sumber: