Exit Tol Pejagan Brebes Mulai Dipadati Pemudik Pada H-4 Lebaran, Pengelola Tol Buka 5 Gerbang

Exit Tol Pejagan Brebes Mulai Dipadati Pemudik Pada H-4 Lebaran, Pengelola Tol Buka 5 Gerbang

Sejumlah kendaraan sempat memadati pintu Exit Tol Pejagan, Sabtu 6 April 2024 tadi pagi.(istimewa)--

RADAR TEGAL - H-4 jelang Lebaran 2024, exit Tol Pejagan Brebes mulai dipadati oleh kendaraan pemudik. Terpantau, Sabtu 6 April 2024 jumlah kendaraan tampak memadati exit tol tersebut.

Sejumlah kendaraan terpantau keluar dari Exit Tol Pejagan Brebes yang kemudian terbelah kedua menuju tujuan. Pertama, kendaraan yang keluar dari Exit Tol Pejagan menuju ke utara arah pantura Brebes-Semarang. Kedua, ke arah selatan menuju arah Purwokerto, Banyumas. 

Pagi tadi, sempat terjadi kepadatan di sekitar Exit Tol Pejagan Brebes. Kemacetan kendaraan terlihat dari simpang susun Pejagan menuju pintu keluar gerbang tol. Beruntung anggota kepolisian yang bertugas bisa mengatur lalu lintas, sehingga berjalan lancar.

Dalam hal ini, pengelola tol membuka 5 dari 6 gerbang pintu tol yang dibuka untuk kendaraan yang akan melintas keluar. Meski demikian, masih sempat terjadi antrean di Exit Tol Pejagan Brebes.

BACA JUGA: Pemudik dari Jabotabek Mulai Masuk Jawa Tengah, Skenario Urai Kemacetan di Exit Tol Pejagan Disiapkan

Satu gerbang pintu tol yang dibuka hanya untuk kendaraan masuk yang akan menuju Semarang. Sedangkan kendaraan yang akan menuju arah barat Cirebon dan Jakarta ditutup dan kendaraan disarankan melalui jalan Pantura.

Salah satu pemudik tujuan Kebumen, Jawa Tengah, Himawan Widodo, 53 tahun menyebut kemacetan sudah terjadi sejak keberangkatannya dari Bekasi, Jawa Barat melalui tol Cikampek. Beruntung saat tengah malam diberlakukan one way di tol sehingga bisa mengurai kemacetan.

Diakuinya, dalam keadaan normal biasanya memerlukan waktu 2-3 jam perjalanan.

“Namun, kali ini bisa sampai 11 jam,” ucapnya.

BACA JUGA: Terguling! Bus Travel Kecelakaan di Tol Kanci-Pejagan Brebes, 4 Penumpang Jadi Korban

Sementara itu, pengelola data Tol Kanci-Pejagan, jumlah kendaraan yang keluar masuk tol Pejagan dari arah Jabodetabek mencapai 21.437 kendaraan. Data ini bisa berubah hingga nanti malam.

Kendaraan didominasi mobil pribadi, travel dan bus. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 Lebaran atau Minggu 7 April 2024 seiring libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2024.(*)

Sumber: