Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini

Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini

Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Karena Lebaran 2024 hanya tinggal menghitung hari saja, pasti yang namanya masyarakat Indonesia tidak jauh dari kata mudik. Mudik Lebaran 2024 sendiri bisa dilaksanakan menggunakan berbagai kendaraan, salah satunya motor matic.

Motor matic sendiri sudah menjadi jenis kendaraan bermotor yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Sudah banyak orang yang mencoba melaksanakan mudik Lebaran 2024 dengan motor di penghujung Hari Raya Idul Fitri.

Meski demikian, layaknya sepeda motor pada umumnya, motor matic juga harus melewati masa pemeriksaan terlebih dahulu apabila ingin digunakan untuk mudik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir segala kerusakan dan malfungsi pada motor ketika melaksanakan mudik Lebaran 2024.

Nah, pada pembahasan artikel ini akan dijelaskan beberapa tips penting untuk membantu perjalanan mudik Lebaran 2024 Anda menggunakan motor matic agar lancar. Berikut simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Banyak Pilihan Menarik, Intip Rekomendasi Motor Skuter Matic Terbaik, Beri Pengalaman untuk Mudik dan Healing

Tips mudik Lebaran 2024 menggunakan motor matic

1. Perhatikan Usia Ban Motor

Sebelum memulai perjalanan, periksa usia ban motor matic Anda. Ban yang sudah mencapai batas usia pakai (1-2 tahun) berisiko mengalami kerusakan, seperti pecah atau bocor, yang dapat membahayakan keselamatan Anda di jalan. 

Selain itu, Anda juga harus selalu memeriksa kondisi ban sebelum dan selama perjalanan mudik. Perhatikan hal-hal penting seperti keausan ban, tekanan angin, dan kondisi permukaan ban. Bawalah barang bawaan sesuai dengan kemampuan ban motor.

2. Periksa Kampas Rem Depan dan Belakang

Memeriksa kondisi kampas rem depan dan belakang juga penting dilakukan sebelum melaksanakan mudik Lebaran 2024 mengunakan motor matic. Hal ini penting untuk menjaga sistem pengereman motor tetap dalam kondisi baik.

Cobalah periksa ketebalan kampas rem apakah masih dalam batas aman, yakni 2 mm, apabila sudah tipis, segera ganti dengan kampas rem yang baru. Sementara kampas rem belakang memerlukan alat khusus agar bisa dicek.

BACA JUGA: Selain Elegan, Fitur Unggulan Skuter Matic Honda Stylo 160 Berikan Pengalaman Berkendara yang Menarik

3. Periksa Oli dan Bawa Oli Cadangan

Sumber: