Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini

Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini

Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Tips mudik Lebaran 2024 menggunakan motot matic selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi oli motoe matic Anda. Pastikan oli masih dalam kondisi baik dan tidak menjunjukan tanda-tanda kerusakan seperti oli berwarna keruh, kental, atau berkurang volumenya.

Apabila  oli sudah tidak layak pakai, segera lakukan penggantian dengan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda. Selain itu, Anda juga bisa membawa oli cadangan untuk berjaga-jaga jikalau mesin harus bekerja ekstra akibat jalanan macet.

4. Periksa Stang Motor

Bagian motor penting yang harus Anda periksa sebelum perjalanan mudik Lebaran 2024 adalah stang motor. Periksa stang untuk memastikan kondisinya selalu baik agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Cobalah untuk periksa stang apakah terasa kaku atau longgar, apabila kaku dapat menyebabkan tangan mudah lelah dan keram. Sebaliknya apabila stang terlalu longgar dapat menyuebabkan Anda kesulitan mengendalikan motor.

BACA JUGA: Lebih Aman, Ini 4 Daftar Motor Matic yang Cocok untuk Mudik

Selain itu, perhatikan ketinggian stang motor. Atur ketinggian stang sehingga posisi tangan dan badan terasa nyaman saat berkendara. Posisi stang yang terlalu tinggi atau rendah dapat membuat pengendara mudah lelah dan pegal. 

5. Periksa Usia Busi Motor

Tips terakhir agar perjalanan mudik Lebaran 2024 menggunakan motor matic semakin nyaman tanpa kendala ialah dengan memeriksa usia busi motor Anda. Cobalah untuk membuka busi yang tertancap pada mesin dengan mencabut kabelnya.

BACA JUGA: 4 Alasan Honda Supra X 125 Matic 2024 Jadi Motor Ideal, Mampu Penuhi Kebutuhan Pengguna di Tanah Air?

Apabila busi sudah kotor, tua, atau sudah berwarna hitam Anda bisa membersihkannya dengan amplas atau menggantinya dengan yang baru. Atau, apabila usia busi sudah mencapai .000 km atau lebih, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Akhir kata

Nah jadi itulah ke lima tips yang bisa Anda terapkan apabila ingin melaksanakan mudik Lebaran 2024 menggunakan motor matic tercinta Anda. Disarankan juga untuk melaksanakan perjalanan mudik di jam-jam yang sepi pejalan motor dan hindari mudik di jam-jam karyawan pulang bekerja.

Demikian informasi pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat.(*)

Sumber: