Pinjol Tanpa KTP dan Verifikasi Wajah, Yuk Kenali Risiko dan Keuntungannya

Pinjol Tanpa KTP dan Verifikasi Wajah, Yuk Kenali Risiko dan Keuntungannya

Pinjol tanpa KTP dan verifikasi wajah-freepik-

Apalagi jika mereka tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Jika sampai data pribadi seperti nama, kontak, alamat, dan lainnya terkait peminjam mereka bocor, maka tentu bisa menimbulkan kerugian yang fatal.

Adanya penyalahgunaan data pribadi tentu akan lebih besar. Terlebih dari serangan cyber crime yang memang bertujuan melakukan tindakan-tindakan kriminal atas data diri milik orang lain.

Tidak hanya berkaitan dengan data, risiko pinjol tanpa KTP dan verifikasi wajah juga bisa berdampak pada pinjaman si debitur. Misalnya biasanya suku bunga yang dibebankan lebih tinggi.

Selain itu, limit atau batasan uang yang bisa dipinjam juga lebih kecil dibanding yang menyertakan KTP dan verifikasi wajah. Ditambah lagi beberapa layanan biasanya meminta peminjam untuk menyertakan jaminan untuk pinjaman yang besar.

BACA JUGA : Pinjol Tanpa KTP Cepat Cair ke Rekening Terbaru 2024, Nasabah Bisa Pinjam Hingga 20juta

3. Alternatif

Sebagai sikap alternatif untuk perusahaan pinjol yang menerapkan syarat tanpa KTP dan verifikasi wajah, bisa dengan menggunakan verifikasi lain demi keamanan data peminjamnya. Misalnya dengan lewat dokumen fisik maupun teknologi biometrik lainnya.

Meski tidak memberikan persyaratan KTP dan verifikasi wajah, setidaknya peminjam jadi merasa lebih aman karena perusahaan masih memiliki metode lain untuk menjaga keamanan data peminjam. Sehingga, risiko pencurian data tadi bisa lebih diminimalisir oleh perusahaan.

Penutup

Kemudahan layanan tanpa kedua syarat tersebut memang memudahkan peminjam mendapatkan pinjaman. Namun, sejumlah risiko tadi bisa saja terjadi pada si peminjam.

Pastikan juga untuk selalu meminjam uang pada layanan yang sudah terverifikasi OJK. Demikian ulasan seputar pinjol tanpa KTP dan verifikasi wajah. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: