Jelang Lebaran Harga Cabai, Ayam dan Bawang Merah di Tegal Kompak Naik

Jelang Lebaran Harga Cabai, Ayam dan Bawang Merah di Tegal Kompak Naik

SIDAK - Pj Walikota bersama TPID melakukan sidak di pasar untuk memantau harga cabai, ayam dan bawang merah di Tegal yang naik menjelang lebaran--

RADAR TEGAL - Menjelang perayaan Idulfitri 1445 Hijriyah, harga cabai, Ayam dan Bawang Merah di Tegal naik. Hal itu terungkap saat Pj Walikota Tegal bersama stakeholder terkait melakukan sidak di pasar tradisional, Senin 1 April 2024 pagi.

Selain harga cabai, ayam dan bawang merah di Tegal yang naik, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan. Itu, seperti beras dan telur.

Usai sidak, Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri kepada awak media mengatakan, harga kebutuhan pokok saat ini tidak jauh berbeda dengan di pasar lain yang sebelumnya juga telah disidak. Di mana hasil sidak menemukan, harga cabai, daging ayam, bawang merah di Pasar Kejambon Tegal naik.

"Beberapa kebutuhan pokok ada yang mengalami penurunan harga, seperti beras dan telur. Sedangkan harga cabai, daging ayam dan bawang merah di pasar Kejambon Tegal naik sedikit," katanya.

BACA JUGA: Setelah Beras, Giliran Harga Gula Pasir Naik, Pedagang di Pasar Tradisional Tegal Kebingungan

Meski begitu, kata Dadang, harga daging sapi justru cenderung stabil. Karenanya, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan daerah-daerah pemasok, sehingga kenaikan dan ketersediaan barang tetap terkendali dan terjaga.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Marwadi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap beberapa harga komoditas utama. Di pasar-pasar tradisional maupun modern yang ada di Kota Tegal sejak 1 sampai dengan 28 Maret 2024.

"Terpantau komoditas seperti daging ayam ras, bawang putih, cabai, minyak sayur. Serta gula pasir harganya mengalami kenaikan," ujarnya.

Menurut Marwadi, berbagai upaya untuk mengendalikan inflasi dan harga. Serta memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok terus dilakukan secara kolaborasi.

BACA JUGA: Jelang Lebaran Harga Gula dan Bawang di Tegal Merangkak Naik

"Upaya itu, Seperti Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak yang diadakan beberapa waktu lalu. Juga pada pagi ini di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal," pungkasnya. 

Demikian informasi terkait harga cabai, ayam dan bawang merah di Tegal yang naik menjelang perayaan Idulfitri 1445. Karenanya, jajaran terkait terus melakukan upaya untuk mengendalikan kenaikan harga. (*)

Sumber: