7 Mitos Orang Jogja Ini Banyak Dipercaya, Setiap Malam Dekat Keraton Sering Terdengar Suara Gamelan

7 Mitos Orang Jogja Ini Banyak Dipercaya, Setiap Malam Dekat Keraton Sering Terdengar Suara Gamelan

TUGU JOGJA - Dari mitos orang Jogja ini, tergambar betapa kaya akan kearifan lokal dan tradisi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Jogja.-(Foto: Istimewa)-

RADAR TEGAL - Yogyakarta, sebuah kota yang dikenal sebagai pusat kearifan lokal dan warisan budaya, ternyata tidak hanya menawarkan keindahan alam dan kekayaan sejarahnya yang luar biasa. Namun juga menyimpan ratusan cerita mistis yang menarik salah satunya keyakinan mitos orang Jogja. 

Mitos orang Jogja ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jogja. Melekat dalam setiap sudut jalan dan bangunan kuno yang menjulang megah. 

Mitos orang Jogja mulai dari Tugu Jogja yang ikonik hingga Keraton yang keramat, setiap tempat memiliki cerita tersendiri yang dipercayai oleh warga setempat. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa mitos orang Jogja paling terkenal yang menghiasi kota ini, dari larangan memakai baju hijau di pantai selatan hingga larangan menginjak garis imajiner di Malioboro. 

BACA JUGA: Tarik Perhatian Wisatawan, Mitos Goa Hawang di Maluku Konon Bisa Bawa Keberuntungan dan Sembuhkan Penyakit

Dan melihat bagaimana mitos-mitos ini menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mitos Tugu Jogja

Tugu Jogja, ikon kota yang megah, ternyata juga memiliki cerita mistis yang melegenda. Mitos yang mengelilingi Tugu Jogja adalah larangan untuk melintasinya dengan kendaraan. 

Mitos orang Jogja dipercaya oleh masyarakat setempat bahwa melanggar larangan ini akan membawa kesialan yang besar. Seolah menjadi titik sentral spiritualitas kota ini, tugu ini menjaga sebuah kepercayaan yang kental.

2. Mitos Larangan Memakai Baju Hijau

Pantai selatan Jogja, dengan keindahan alamnya yang memesona, juga menyimpan sebuah larangan yang menarik perhatian banyak orang. Konon, memakai baju berwarna hijau di pantai selatan akan mengundang perhatian Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan. 

BACA JUGA: Mitos Rumah Luang Mayit Bisa Membawa Sial, Ternyata Ini Penjelasannya

Warna hijau dianggap sebagai warna keramat yang harus dihindari. Bahkan, melanggar larangan ini dianggap dapat mengakibatkan musibah yang serius, seperti terseret ombak dan tenggelam.

3. Larangan Berfoto di Depan Keraton Yogyakarta

Sumber: