KUR Bank Jateng 2024 Bisa Bantu Modal Usaha sampai 100 Juta, Ini Syarat-syaratnya Agar Kredit Cepat Disetujui

KUR Bank Jateng 2024 Bisa Bantu Modal Usaha sampai 100 Juta, Ini Syarat-syaratnya Agar Kredit Cepat Disetujui

--

1. KUR Mikro

KUR mikro adalah jenis pinjaman untuk pengusaha kecil berskala mikro, dengan besaran maksimal pinjamannya yaitu Rp25 juta. Jumlah ini bisa berbeda tergantung kebijakan bank penyalurnya.

Modal akan dipinjamkan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan prospektif dari segi profit. Karena, bank penyalur harus mempertimbangkan kesanggupan peminjam dalam memenuhi tanggung jawabnya. 

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi peminjam atau debitur sebelum mengajukan program KUR. Syarat tersebut antara lain keseriusan peminjam dalam menjalankan usahanya, utamanya di 3 bulan terakhir.

Selain itu peminjam pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dibuktikan dengan sertifikat, dan usaha yang dijalankan harus masuk kategori usaha produktif.

BACA JUGA: Peluang untuk UMKM, Cermati Plafon KUR Bank Jateng 2024 Rp50 Juta Cicilan 60 Kali Rp960 Ribuan

Terdapat dua kategori pelunasan pinjaman KUR Mikro, yaitu 3 tahun untuk usaha kredit modal kerja dan 5 tahun untuk usaha kredit investasi.

2. KUR Retail

KUR retail adalah KUR yang ditujukan untuk pengusaha kalangan menengah yang berpotensi untuk membayar cicilan dengan bunga flat atau anuitas setara. Batas maksimal pinjaman KUR retail sebanyak Rp500 juta. 

KUR retail juga menawarkan jangka waktu pengembalian yang cenderung lebih lama. Batas waktu nya untuk pinjaman pembiayaan modal kerja yaitu 4 tahun dan pembiayaan investasi selama 5 tahun.

Untuk pengajuan KUR retail dan mikro relatif sama. Bagi yang ingin mengajukan KUR retail dituntut untuk memiliki agunan atau jaminan.

BACA JUGA: KUR Bank Jateng 2024 Kembali Dibuka, Bisa Pinjam Hingga Rp500 Juta Bunga 6% per Tahun

3. KUR TKI

Selain untuk pengusaha, ternyata sasaran KUR adalah siapapun yang membutuhkan modal awal, termasuk TKI. KUR TKI adalah bantuan permodalan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri tetapi tidak memiliki modal awal. Batas maksimal pinjaman untuk jenis KUR ini yaitu Rp25 juta.

Jangka waktu pengembaliannya paling lama 3 tahun setelah dana cair. Dengan adanya pinjaman jenis ini, masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri tak perlu khawatir jika belum memiliki modal awal.

Sumber: