Mitos Air Terjun Tlogo Muncar yang Melekat di Masyarakat, Sering Terdengar Suara Gamelan Gaib

Mitos Air Terjun Tlogo Muncar yang Melekat di Masyarakat, Sering Terdengar Suara Gamelan Gaib

Mitos air terjun Tlogo Muncar -Tangkapan layar YouTube/Denias Susanto-

Dulunya, konon tempat ini merupakan tempat pemandian para bangsawan. Saat masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono VII, air terjun ini juga menjadi tempat memandikan barang-barang pusaka kerajaan.

Tidak hanya itu, menurut legenda yang beredar tentang air terjun Tlogo Muncar ini juga dipercaya sebagai tempat berbagai ritual. Sebab, mereka percaya airnya bisa memberikan berkah.

Tidak sedikit dari masyarakat setempat sering mendengar ada alunan gamelan khas Yogyakarta yang biasanya ada di sejumlah pertunjukan musik, pagelaran wayang, serta upacara adat lainnya. 

BACA JUGA : Misteri dan Mitos Waduk Jatigede Sumedang, Konon Kerap Muncul Makhluk Misterius ke Permukaan Air

Bukan sekedar mitos belaka, aura tempat ini juga cukup mistis. Selain gamelan, masyarakat setempat juga sering mendengar ada suara orang ramai di kawasan air terjun namun tanpa ada sosoknya.

Fasilitas

Dibalik mitos air terjun Tlogo Muncar yang berbau mistis, tempat wisata ini tetap ramai didatangi pengunjung. Adapun sejumlah fasilitas yang tersedia disini, seperti tempat parkir, toilet, mushola, gazebo, warung makan, sampai penginapan di sekitar tempat wisata ini.

Penutup

Tiap tempat wisata alam di Indonesia pasti selalu menyimpan mitos tertentu yang sudah dipercaya masyarakat setempat daerah itu. Terlepas benar tidaknya, jika mendatangi suatu tempat asing selalu jaga perilaku dan hargai apapun yang sudah diyakini disana sejak lama.

Itulah mitos seputar air terjun Tlogo Muncar yang ada di Sleman, Yogyakarta. Apakah Anda pernah datang ke tempat wisata satu ini? (*)

Sumber: