5 Mitos Bunga Sedap malam, Tanda Makhluk Halus Hingga Bisa Mendatangkan Rezeki

5 Mitos Bunga Sedap malam, Tanda Makhluk Halus Hingga Bisa Mendatangkan Rezeki

MITOS - Mitos bunga sedap malam--

RADAR TEGAL - Selain wangi, bunga sedap malam juga memiliki mitos yang cukup mashur di kalangan masyarakat. Di antaranya yakni mendatangkan rezeki dan pendanda makhluk gaib.

Beberapa mitos bunga sedap malam ini masih berkembang dan dipercaya oleh masyarakat. Bunga Sedap malam ini sebenarnya bukan bunga asli Indonesia.

Bunga ini diperkirakan berasa dari Negara Meksiko dan dibawa masuk ke Indonesia sejak masuknya bangsa eropa dan Tiongkok. Mitos bunga sedap malam ternyata tidak hanya ada di indonesia saja, beberapa negara lain juga mempercayai keberadaan mitos yang berkaitan dengan bunga sedap malam.

Salah satu contohnya mitos bunga sedap malam yang dipercaya oleh negara lain yaitu di era pemerintahan Louis XIV Perancis, diyakini berbahaya bagi wanita hamil. Bunga Sedap malam ini tersusun dari sembilan helai mahkota yang membentuk dua lapisan lingkaran.

Pada saat mekar, kelopak bunga sedap malam akan terbuka secara bertahap dari tangkai yang paling bawah. Nah, berikut ini 4 Mitos bunga sedap malam yang masih dipercaya masyarakat Indonesia : 

BACA JUGA: Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Pembawa Keberuntungan yang Bisa Pikat Lawan Jenis

1. Dikaitkan Dengan Makhluk Halus

Mitos yang pertama yaitu aroma sedap malam menandai kedatangan makhluk halus. Aroma bunga sedap malam yang keluar pada malam hari sering dikaitkan dengan tanpa datangnya makhluk halus atau arwa orang yang meninggal berada didekatnya.

Keyakinan ini masih dipercaya masyarakat Indonesia. Bunga sedap malam memiliki aroma wangi yang kuat pada malam hari, maka, beberapa orang bisa merinding ketika mencium aroma bunga yang satu ini pada malam hari.

Itulah alasannya banyak orang percaya bahwa bau bunga sedap malam memiliki pertanda adanya kedatangan makhluk halus yang berada di sekitarnya.

2. Disukai Nyi Roro Kidul

Mitos mengenai bunga sedap malam ini juga kerap dikaitkan sebagai bunga yang disukai oh Nyi Roro kidul atau Ratu Pantai Selatan. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena nuansa hijau pada tangkai dan kelopak bunganya, sehingga hal itulah yang diyakini membuat Nyi Roro kidul menyukainya. Bunga sedap malam sering juga dijadikan sebagai ritual terkait dengan Nyi Roro kidul.

3 Dipercaya Sebagai Pelindung

Mitos bunga sedap malam selanjutnya yaitu dipercaya sebagai pelindung. Dalam kepercayaan sebagian masyarakat bunga sedap malam sering disebut sebagai salah satu simbol ilmu spiritual.

Sumber: