Ngeri! Mitos Setan Budeg, Kejadian Kecelakaan Bintaro Tahun 1987 yang Menyebabkan Banyak Korban

Ngeri! Mitos Setan Budeg, Kejadian Kecelakaan Bintaro Tahun 1987 yang Menyebabkan Banyak Korban

Mitos Setan Budeg - Senin, 19 Oktober 1987 tepat jam 07.07 WIB jadi sejarah kelam perkeretaapian di Indonesia. KA 225 dari Rangkasbitung dan KA 220 dari Tanah Abang bertabrakan.--(Foto: Arsip/Istimewa)

RADAR TEGAL - Bukanlah rahasia lagi bahwa legenda misteri sering kali melahirkan kisah-kisah tragis yang menghantui, bahkan dalam ingatan kolektif, salah satunya adalah mitos setan budeg.

Salah satu dari kisah tragis yang masih teringat hingga saat ini adalah kecelakaan kereta Bintaro pada tahun 1987, yang melekat legenda dan mitos setan budeg. 

Cerita mitos setan budeg ini menjelma menjadi peringatan yang menggugah bahwa di balik terjadinya mitos terkadang tersembunyi bahaya yang nyata. Namun, apa sebenarnya penyebab di balik tragedi itu? 

Bagaimana kita bisa menghindarinya? Dan faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi jalannya peristiwa tragis semacam mitos setan budeg ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Mitos Pulau Kodok di Tegal, Bisa Sembuhkan Segala Penyakit Hanya dengan Berendam

Asal mula mitos

Mitos Setan Budeg bermula dari kesaksian beberapa orang yang selamat dari kecelakaan. Mereka mengaku tidak mendengar suara kereta api yang mendekat, meskipun palang pintu sudah tertutup.

Hal ini kemudian dihubungkan dengan cerita mistis tentang hantu yang membuat orang menjadi tuli sesaat, sehingga tidak bisa mendengar suara kereta api.

Cerita dan wujud setan budeg

Cerita tentang Setan Budeg berkembang pesat di masyarakat. Ada yang mengatakan bahwa hantu ini adalah arwah korban kecelakaan yang gentayangan.

Ada pula yang percaya bahwa Setan Budeg adalah makhluk halus yang sengaja mengganggu manusia. Wujud Setan Budeg digambarkan sebagai sosok laki-laki tinggi besar dengan rambut panjang dan mata merah.

BACA JUGA: Mitos Kali Prepil Slerok Tegal, Misteri Sosok Bruncul dan Raksasa Lele Putih

Konon, hantu ini sering terlihat di sekitar rel kereta api Bintaro, terutama pada malam hari.

Penyebab kejadian tragis

Sumber: