Mitos Kali Prepil Slerok Tegal, Misteri Sosok Bruncul dan Raksasa Lele Putih

Mitos Kali Prepil Slerok Tegal, Misteri Sosok Bruncul dan Raksasa Lele Putih

Mitos Kali Prepil Slerok Tegal, Misteri Sosok Bruncul dan Raksasa Lele Putih-mitos terkenal-radar tegal

RADAR TEGAL - Aliran air Kali Prepil yang membelah Kelurahan Slerok Kota Tegal dan Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal menyimpan segudang cerita rakyat yang melegenda. Mitos kali Prepil Slerok Tegal tak lepas dari misteri sosok bruncul dan raksasa lele putih yang mendiami aliran sungainya.

Konon, bruncul merupakan hantu menyeramkan yang bergentayangan dan mencari korban untuk ditenggelamkan. Sementara, raksasa lele putih diyakini sebagai penjaga gaib yang membawa keberuntungan bagi pemancing yang beruntung.

Misteri bruncul dan lele putih di Kali Prepil telah lama menjadi bagian dari budaya lokal dan diwariskan turun-temurun. Cerita-cerita mistis ini sering diceritakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak bermain di dekat sungai.

Bagi masyarakat setempat, Kali Prepil bukan hanya sekedar aliran air, tetapi juga tempat yang menyimpan nilai-nilai budaya dan kepercayaan spiritual.

BACA JUGA: 5 Mitos Kepercayaan Orang Tionghoa yang Masih Kental, Benarkan Angka 4 Membawa Sial?

Misteri Sosok Bruncul

Sosok bruncul digambarkan sebagai hantu berwujud kepala berambut panjang dan berwajah pucat pasi. Konon, bruncul sering menampakkan diri di malam hari, terutama di saat bulan purnama. Hantu ini diyakini mencari korban untuk ditenggelamkan, terutama anak-anak yang bermain di dekat sungai.

Cerita tentang bruncul di Kali Prepil telah lama beredar di masyarakat. Salah satu cerita yang terkenal adalah tentang seorang anak kecil yang hampir menjadi korban bruncul.

Saat itu, anak tersebut sedang bermain di tepi sungai bersama teman-temannya. Tiba-tiba, dia melihat kepala berambut panjang yang muncul dari dalam air.

Sosok tersebut kemudian mendekati anak itu dan berusaha menariknya ke dalam sungai. Beruntung, teman-teman anak tersebut berhasil menyelamatkannya.

BACA JUGA: 6 Mitos Cicak Bunyi di Dalam Rumah, Salah Satunya Konon Cuiri Datangnya Sihir

Raksasa Lele Putih Penjaga Gaib


Selain misteri bruncul, Kali Prepil juga terkenal dengan cerita tentang raksasa lele putih. Konon, lele putih raksasa ini merupakan penjaga gaib yang berdiam di sungai. Lele putih ini diyakini membawa keberuntungan bagi para pemancing yang beruntung.

Sumber: