Musrenbang Tingkat Kabupaten, Pastikan Rencana Pembangunan di Brebes

Musrenbang Tingkat Kabupaten, Pastikan Rencana Pembangunan di Brebes

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar saat memberikan sambutan dalam kegiatan Musrenbang tingkat kabupaten di KPT Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pemkab Brebes menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Brebes, Kamis 21 Maret 2024 lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lantai 5 KPT Kabupaten Brebes.

Diketahui, musrenbang ini untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Brebes 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Brebes 2025-2045. 

Sekda Brebes Djoko Gunawan menjelaskan, dalam proses penyusunan dokumen perencanaan melalui beberapa tahapan. Mulai dari persiapan, penyusunan rencana awal, rencana dan rencana akhir. 

BACA JUGA: Pasca Pemilu, Warga Berharap Pembangunan di Kabupaten Brebes ke Depan Bisa Lebih Baik

Tahapan dalam penyusunan dokumen perencanaan yaitu, agenda Konsultasi Dokumen Rancangan Awal RPJPD dengan perangkat daerah pada 1 Nopember 2023. Dilanjutkan agenda forum konsultasi publik perencanaan awal RPJPD pada 15 November 2023.

Juga Musrenbang RKPD tingkat desa dan kelurahan telah dilaksanakan pada Januari 2024 dan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan telah dilaksanakan pada tanggal 19-23 Februari 2024.

PJ Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menjelaskan, di Brebes sendiri pada tahun 2023 lalu penduduknya mencapai lebih dari Dua juta jiwa. Dengan kelompok usia 24-45 tahun mendominasi populasi penduduk.

Sedangkan untuk rasio jenis kelamin penduduk mencapai 103,00 dan rasio ketergantungannya mencapai 43,55 persen. Pj Bupati menyampaikan keberhasilan pembangunan di Brebes tidak hanya dilihat dari indikator yang positif.

Namun juga dari penghargaan atau penghargaan dari kementerian atau lembaga. Selain itu, papar Pj Bupati, juga dari pemerintah untuk Kabupaten Brebes khususnya untuk masyarakat Brebes.

Sasaran rencana pembangunan di Kabupaten Brebes

2025 mendatang, lanjut Pj Bupati, rencana pembangunannya diarahkan pada pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan yang berlandaskan keunggulan kompetitif. Iwan menyebut ada empat prioritas pembangunan sebagai upaya untuk menjawab permasalahan daerah.

Antara lain kemiskinan, bencana, permasalahan pertanian, permasalahan ketentraman, keamanan dan kesejahteraan umum.

“Kita memasang target pada tahun 2025 kesejahteraan masyarakat meningkat dengan ukuran atau indikator IPM dan pertumbuhan ekonomi optimis untuk tetap tumbuh positif sedangkan kemiskinan dan kemiskinan dapat terus ditekan,” ungkapnya.

Sementara untuk proyeksi, lanjutnya, jumlah penduduk Kabupaten Brebes mencapai 2,3 juta jiwa, maka saat ini wajib untuk memikirkan kebutuhan-kebutuhan bagi penduduk seperti kebutuhan rumah tinggal, air bersih, energi, pengelolaan sampah, fasilitas kesehatan dan pendidikannya.

Perencanaan Kabupaten Brebes 2025-2045 selaras dan selaras dengan kebijakan-kebijakan nasional dan Pemerinah Provinsi Jawa Tengah. Yakni mengusung Indonesia Emas 2045 dengan tekanan pada kebijakan 17 arah pembangunan, 8 misi pembangunan.

Demikian informasi tentang rencana Ppembangunan di Brebes, yang terungkap saat musrenbang tingkat kabupaten. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: