Mitos Bayi Menangis Tengah Malam, Sedang Diganggu Makhluk Halus? Ini Penjelasanya

Mitos Bayi Menangis Tengah Malam, Sedang Diganggu Makhluk Halus? Ini Penjelasanya

Ilustrasi. Mitos bayi menangis tengah malam --Freepik

RADAR TEGAL - Bayi yang menangis saat tengah malam tentunya membuat para orang tua merasa bingung dan kelelahan untuk menenangkannya. Namun sebagian orang masih mempercayai akan mitos bayi menangis tengah malam diganggu oleh makhluk gaib.

 

Apakah benar mitos bayi menangis tengah malam diganggu oleh makhluk gaib? Apakah benarkah demikian? Yuk bahas selengkapnya di dalam artikel kali ini.

 

Mitos bayi menangis tengah malam diyakini bahwa bayi tersebut merasakan keberadaan makhluk gaib maupun hal- hal negatif yang ada di rumah tersebut. Oleh karena harus dilakukan beberapa tindakan pembersihan spiritual maupun pembersihan secara fisik.

 

Terkait mitos bayi menangis tengah malam ini sangat familiar di lingkungan masyarakat Jawa. Untuk saat ini mungkin sebagian orang masih mempercayainya dan ada juga yang tidak percaya.

BACA JUGA: Mitos dan Legenda Telaga Dringo di Banjarnegara, Konon Dijaga Sosok Kerbau Bertanduk Emas

Tetapi bagi yang masih mempercayai akan mitos bayi menangis tengah malam karena gangguan makhluk gaib. Mereka melakukan beberapa tindakan supaya rumah tersebut tetap damai dan hawanya tetep adem.

 

Namun terkait mitos bayi menangis tengah malam karena diganggu makhluk gaib itu tidak benar dan hanyalah sebagai mitos belaka. Jika menurut para medis ada penyebabnya yang membuat bayi menangis tengah malam.

 

Penyebab bayi menangis tengah malam menurut para medis

 

1.Karena lapar

 

Untuk yang pertama penyebab bayi menangis tengah malam karena lapar. Biasanya ketika bayi mulai berusia 2-3 minggu, 6 minggu, 6 bulan mereka mungkin merasa lapar di saat malam hari.

 

Jadi pastikan porsi makan bayi cukup di sepanjang hari dan berikan porsi untuk malam hari lebih banyak.

BACA JUGA: 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan di Malam Hari, dari Mulai Menyapu sampai Potong Kuku

2. Popok penuh

 

Lalu penyebabnya terkadang karena popok penuh yang tentunya membuat bayi merasa tidak nyaman. Jangan biarkan popok sampai penuh ya lama- lama bisa menyebabkan iritasi pada kulit, oleh karena itu sebaiknya langsung diganti saja.

 

3. Kembung

 

Penyebab bayi menangis tengah malam bisa saja karena kembung dan terlihat tidak dapat mengeluarkannya dari sistem pencernaan. Karena hal itulah yang membuat bayi menangis histeris.

 

Untuk mengatasi masalah kembung pada perut bayi yakni menggerakkan kaki bayi secara perlahan seperti sedang mengayuh sepeda. Hal ini supaya dapat membantu perut bayi mengeluarkan gas dan masalah kembung dapat diatasi.

 

4. Adanya perubahan pola menyusui

 

Lalu penyebab bayi menangis tengah malam bukan karena lapar saja ternyata adanya perubahan pada asi juga mempengaruhinya. 

BACA JUGA: Mitos Pulau Kodok di Tegal, Bisa Sembuhkan Segala Penyakit Hanya dengan Berendam

5. Kurang tidur siang

 

Terkadang sebagian orang menganggap kalau bayi banyak melakukan aktivitas hingga tidak tidur siang maka malamnya bisa tidur nyenyak dan pules. Padahal hal itu justru salah dan ujungnya bayi akan merasa lelah dan rewel.

 

6. Sedang sakit

 

Lalu penyebab bayi menangis tengah malam kondisinya gejala mau sakit atau sedang sakit yang menyebabkan bayi rewel dan menangis secara histeris. Coba cek apakah bayi demam, hidung atau maupun penyakit lainnya dan jika dirasa ada yang mengkhawatirkan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

7. Kolik

 

Kolik adalah ketika kondisi si bayi menangis tidak ada henti hingga berjam-jam dan tanpa adanya kejelasan. Untuk mengatasi kolik pada bayi caranya yakni pijat perut bayi dengan lembut dan bisa kamu tambahkan menggunakan minyak telon bayi.

 

Selain itu bisa dengan cara tenangkan bayi saat menangis dengan cara menggendongnya. 

BACA JUGA: Mitos Seputar Angka 4, Bawa Sial Atau Keberuntungan? Cek Selengkapnya di Sini

Itulah pembahasan tentang mitos bayi menangis tengah malam. Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. (*)

Sumber: