Stok Melimpah, Harga Bawang Merah di Brebes Anjlok, Ada yang Hanya Rp5.000 per Kilogram

Stok Melimpah, Harga Bawang Merah di Brebes Anjlok, Ada yang Hanya Rp5.000 per Kilogram

Stok melimpah, harga bawang merah di Kabupaten Brebes mengalami penurunan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Harga bawang merah di Kabupaten Brebes saat ini mengalami penurunan. Per hari ini, harga bawang merah dengan ukuran paling kecil dihargai Rp5 ribu per kilogram (Kg).

Salah seorang petani bawang merah asal Kecamatan Tanjung Brebes Yosep mengaku, harga bawang merah saat ini mengalami penurunan. Di tingkat pasar, kata dia, bawang merah dengan ukuran super cross dihargai Rp14 ribu per kg. 

“Sedangkan yang ukuran besar rata dihargai Rp10 ribu per kilo, ukuran sedang dihargai Rp7 ribu per kilo. Sedangkan harga bawang merah di Brebes yang ukuran kecil, Rp5 ribu per kilo,” ujarnya, Rabu 20 Maret 2024.

Diakuinya, harga bawang merah di Brebes mengalami penurunan karena banyak tanaman bawang merah yang gagal panen. Gagal panen dalam arti, kata dia, banyak tanaman yang belum waktunya, dipanen oleh petani karena terendam banjir.

BACA JUGA: Memasuki Panen Raya, Harga Bawang Merah Anjlok Jadi Rp15 Ribu per Kilogram

“Harga bawang per pagi aja rata-rata harganya Rp7-8 ribu per kilo. Ini karena banyak bawang merah yang gagal panen atau panen dini karena terendam banjir,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh petani bawang merah asal Brebes lainnya Juwari. Juwari menyampaikan, kalau harga bawang merah saat ini dikisaran Rp14-15 ribu per kilogram. Hal ini disebabkan banyaknya tanaman bawang merah yang panen dini karena terendam banjir.

“Seperti di Demak, Pati dan Grobogan. Semu yang terendam banjir memilih panen dini, sehingga membanjiri pasar,” ucpanya.

Karena itu, selanjutnya, harga bawang merah di Brebes juga ikut terdampak. Karenanya, kurang lebih mencapai ratusan hektar lahan bawang dari daerah lain yang terdampak banjir dan dipanen dini.

BACA JUGA: Sempat Rendah, Harga Bawang Merah di Brebes Mulai Mengalami Kenaikan

“Kalau di Brebes sendiri sebenarnya masa panen pertama bawang merag sudah selesai. Kalaupun ada tinggal beberapa saja. Tapi, karena stok yang melimpah jadi harga bawang merah di Brebes juga terdampak,” tutupnya. (*)

Sumber: