Sempat Rendah, Harga Bawang Merah di Brebes Mulai Mengalami Kenaikan

Sempat Rendah, Harga Bawang Merah di Brebes Mulai Mengalami Kenaikan

Dalam beberapa hari terakhir, petani bawang di Kabupaten Brebes bisa sedikit sumringah. Pasalnya, sejak akhir Desember 2021 lalu, harga bawang merah di Kabupaten Brebes mulai mengalami kenaikan. 

Informasi yang diterima, harga bawang merah di tingkat petani di Kabupaten Brebes jenis rogol mulai mengalami kenaikan menjadi Rp16 ribu, dan jenis askip Rp19 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah rogol di Pasar Keramatjati, Jakarta sudah menyentuh Rp27 ribu per kilogram. 

Data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes menyebutkan, harga bawang merah jenis rogol di tingkat petani saat ini Rp16 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah jenis askip Rp19 ribu per kilogram. Harga itu sudah melebihi harga break event point (BEP) Rp12.500 ribu per kilogram. 

"Harga bawang merah di Brebes mulai ada kenaikan sejak akhir tahun. Dan harganya cukup stabil," kata Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati, Jumat (11/2). 

Disebutkannya, meski mengalami kenaikan di atas BEP, harga bawang merah di Pasar Kramat Jati Jakarta mengalami fluktuasi. Saat ini harga bawang merah jenis rogol Rp27 ribu per kilogram. 

Sehari sebelumnya harga bawang merah di pasar yang merupakan pusat komoditas pertanian itu menyentuh Rp33 ribu per kilogram. 

Dijelaskan Yulia, harga bawang merah yang mulai merangkak naik ini lantaran di sejumlah daerah sudah tidak lagi memasuki masa panen raya. Sebelumnya, harga bawang merah di tingkat petani saat itu terus merosot. 

"Untuk harga bawang memang sering terjadi fluktuasi setiap tahunnya. Ini dipengaruhi terjadi karena adanya panen raya di berbagai daerah penghasil bawang merah," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: