Memasuki Panen Raya, Harga Bawang Merah Anjlok Jadi Rp15 Ribu per Kilogram

Memasuki Panen Raya, Harga Bawang Merah Anjlok Jadi Rp15 Ribu per Kilogram

Bawang merah Brebes--

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Petani bawang merah di Brebes tengah menjerit. Hal ini menyusul anjloknya harga bawang merah menjadi Rp15 ribu per kilogram memasuki panen raya saat ini. 

Sebelumnya, harga bawang merah masih normal yakni Rp25 ribu per kilogram. Namun sekarang, harganya menjadi turun drastis.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Kabupaten Brebes Juwari, Minggu, 9 Juli 2023 mengungkap beberapa faktor yang menjadi pemicu anjloknya harga bawang merah saat ini. Salah satunya terkait panen raya yang juga terjadi di daerah lain.

Dia berharap, anjloknya harga bawang merah bisa menjadi perhatian dari pemerintah. Sehingga, petani bawang merah, khususnya di Brebes tidak mengalami kerugian.

“Petani bawang merah hanya bisa berharap, harga bawang merah bisa kembali naik dan stabil,” ujarnya.

BACA JUGA:Bawang Merah Brebes Siap Dipanen Bulan Ini, Ketua ABMI: Sekitar 150 Hektare

“Selain di Brebes yang masuk masa panen raya, daerah lain seperti Nganjuk dan Pati juga sedang panen raya. Sehingga memengaruhi harga bawang merah saat ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan masuk masa panen raya di beberapa daerah, stok bawang merah di Pasar Kramatjati, Jakarta sangat banyak. Jika normalnya 25 truk pengangkut bawang merah, saat ini hampir 42 truk pengangkut bawang merah ada di pasar tersebut.

“Satu truknya berkapasitas 7 ton bawang merah. Jadi, saat ini adanya panen raya di daerah lain jelas mempengaruhi harga bawang saat ini,” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, di Brebes sendiri hingga Agustus mendatang ada total 8 ribu hektare lahan bawang merah yang bakal masuk masa panen. 

“Jadi dengan kondisi harga seperti saat ini, banyak petani yang menyimpan hasil panennya,” jelasnya.

“Ada juga sebagian petani yang terpaksa menjual hasil panenannya karena buat menutup ongkos tanam,” lanjutnya. ***

Sumber: