6 Mitos Candi Cetho Jawa Tengah, Terdapat Patung Orang Sumeria yang Mencuri Perhatian

6 Mitos Candi Cetho Jawa Tengah, Terdapat Patung Orang Sumeria yang Mencuri Perhatian

MITOS - Misteri dan mitos candi cetho Jawa Tengah--

2. Misteri Pasar Setan

Cerita misteri Pasar setan itu sudah sangat melekat di masyarakat. Konon katanya, sering terdengar suara-suara orang seperti sedang transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli layaknya aktivitas di pasar. Namun penampakannya tidak terlihat oleh pendaki yang melewati pasar setan ini.

Mitos yang berkembang jika melewati pasar setan pendaki harus melemparkan uang receh berapa pun nominalnya dan juga jangan menengok ke arah belakang. Namun, misteri ini belum terpecahkan dan masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

BACA JUGA: Mitos dan Misteri Aul, Manusia Serigala Penunggu Gunung Slamet yang Wajib Pendaki Waspadai

3. Patung Kelamin Laki-laki

Misteri dan mitos Candi Cetho selanjutnya yaitu patung kelamin laki-laki. Patung ini terletak di gubuk dekat dengan piramida puncak.

Patung ini menunjukkan penciptaan manusia bukan hal yang erotis. Patung ini sering ditaburi bunga dupa dan sesajen sesuai kepercayaan orang di sekitar candi. Hal ini tentu menggambarkan kesakralan dari candi dalam praktek keagamaan.

4. Candi Cetho Menghadap Kiblat

Candi cetho berbeda dengan candi lain yang ada di Indonesia karena Candi Cetho Jawa Tengah ini menghadap ke barat atau kiblat. Sehingga, kebudayaan Candi Cetho lebih banyak pengaruh kebudayaan barat daripada timur.

5. Pembangunan Candi Cetho

Candi Cetho berbeda dari candi-candi peninggalan Majapahit lainnya. Candi Cetho Jawa Tengah ini memiliki relief yang sederhana dan gaya arsitekturnya pun yang unik.

Tentu hal ini, masih diperdebatkan oleh arkeolog, mengenai relief Candi Cetho ini. Arkeolog menyebutkan bahwa Candi Cetho merupakan peninggalan suku Maya yang menggambarkan gaya orang Sumeria.

BACA JUGA: 5 Mitos dan Misteri Sungai Bengawan Solo, No 5 Ada Makhluk yang Suka Mencari Tumbal

6. Patung Orang Sumeria

Misteri dan mitos candi Cetho yang ke enam yaitu patung orang Sumeria. Adanya patung orang Sumeria ini menjadi keunikan tersendiri bagi Candi Cetho.

Sumber: