6 Mitos Candi Cetho Jawa Tengah, Terdapat Patung Orang Sumeria yang Mencuri Perhatian

6 Mitos Candi Cetho Jawa Tengah, Terdapat Patung Orang Sumeria yang Mencuri Perhatian

MITOS - Misteri dan mitos candi cetho Jawa Tengah--

RADAR TEGAL - Candi Cetho merupakan salah satu candi bercorak Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir Kerajaan Majapahit. Bagi sebagian masyarakat, tempat ini memiliki misteri dan mitos Candi Cetho Jawa Tengah yang mengundang rasa penasaran.

Candi Cetho terletak di Dusun Cetho Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Candi Cetho Jawa Tengah memiliki bangunan arsitektur seperti punden berundak.

Candi yang begitu indah ditambah dengan pemandangan alam yang mengelilinginya membuat siapa saja ingin mengunjunginya. Candi Cetho Jawa Tengah ini pun menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Candi Cetho Jawa Tengah memiliki kemiripan dengan gapura Candi Besakih di Bali karena, bentuk gapuranya. Candi Ceto masih dianggap sakral karena, sampai sekarang masih digunakan untuk ritual keagamaan Hindu dan kejawen.

BACA JUGA: 5 Situs Candi Terkenal di Tegal, Ada yang Dari Abad 8 Masehi

Sejak zaman dahulu sampai sekarang, Candi Cetho Jawa Tengah dikenal memiliki aura misteri yang kuat. Banyaknya kejadian di luar nalar yang terjadi di candi tersebut membuat masyarakat setempat percaya dengan misteri dan mitos Candi Cetho.

Namun, hal ini juga memberikan daya tarik bagi para pengunjung dalam negeri maupun luar negeri. Misteri dan mitos Candi Cetho telah menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat.

Terutama tentang sejarahnya yang tidak begitu jelas. Namun hal ini juga ada kaitannya dengan legenda-legenda yang berkembang di masyarakat setempat.

Dengan hal itu, Candi Cetho Jawa Tengah tetap menjadi destinasi wisata yang populer di Jawa Tengah dengan sejuta keunikan dan cerita yang tersimpan di dalamnya.

Berikut beberapa informasi mengenai misteri dan mitos Candi Cetho yang ada di Jawa Tengah:

BACA JUGA: Mengenal Desa Selapura Tegal, Tempat Wisata Edukasi dengan Sejarah Candi yang Unik

1. Mitos Tes Keperjakaan 

Misteri dan mitos Candi Cetho yang pertama yaitu mitos tes Keperjakaan. Candi Ceto dipercaya dapat mengetes keperjakaan seseorang.

Dipercaya jika seseorang yang belum menikah atau belum berhubungan intim, kemudian melewati gapura piramida Candi Cetho maka orang itu akan dilancarkan jalannya. Sementara jika seseorang yang sudah tidak perjaka, seseorang itu akan kencing ketika melewati gapura piramida.

Sumber: