30 Bencana Besar di Jawa Tengah Terjadi dalam Sepekan, Pj Gubernur Jateng Minta Percepat Hal Ini

30 Bencana Besar di Jawa Tengah Terjadi dalam Sepekan, Pj Gubernur Jateng Minta Percepat Hal Ini

BENCANA- Sepekan terakhir, 30 bencana besar di Jawa Tengah telah terjadi. Dari jumlah itu, 14 di antaranya bencana banjir.-Istimewa-Radartegal.disway.id

Sementara itu, Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati mengatakan, TMC ini diprioritaskan untuk wilayah Semarang, Demak, dan sekitarnya, karena wilayahnya sudah tergenang. Secara paralel juga dilakukan di daerah lain.

"Setelah tanggal 20 Maret nanti ada tren penurunan curah hujan, asal tidak terjadi fenomena mendadak dan gangguan atmosfer secara tiba-tiba," ujarnya.

BACA JUGA: 6 Daerah di Jawa Tengah Banjir, Pemprov Jateng Segera Lakukan Ini

Terkait bencana besar di Jawa Tengah, dijelaskan dia, curah hujan ekstrem di Kota Semarang dan sekitarnya terjadi karena ada fenomena munculnya bibit Cyclone di Selatan Indonesia. Bersamaan dengan masuknya kumpulan awan hujan dari Samudera Hindia atau Timur Afrika. 

"Ada fenomena yang tiba-tiba muncul dan mengakibatkan hujan yang ekstrem. Ekstrem itu 150 mm perhari tetapi kemarin mencapai 230 mm lebih," jelas Dwikorita terkait hujan ekstrem yang memicu bencana besar di Jawa Tengah. (*)

Sumber: