Mengenal Gedung Lanal di Tegal, Saksi Pesatnya Kemajuan Industri dan Ekonomi yang Terkenal

Mengenal Gedung Lanal di Tegal, Saksi Pesatnya Kemajuan Industri dan Ekonomi yang Terkenal

Gedung Lanal - Mengenal Gedung Lanal di Tegal.--

RADAR TEGAL - Mari mengenal gedung Lanal di Tegal yang memiliki nilai sejarah Indonesia yang penting pada zaman kolonial. Tempat tersebut menjadi saksi bisu pesatnya kemajuan industri dan ekonomi di Tegal yang sangat hebat di masa tersebut.

Gedung Lanal di Tegal pun jadi salah satu tempat yang mencetak kenangan sejarah penting di kota Tegal karena letaknya yang strategis. Sehingga pada zaman itu menjadi salah satu tempat penting yang aktif untuk perjalanan penting.

Hingga akhirnya Gedung Lanal di Tegal pun jadi saksi bagaimana pesatnya kemajuan industri dan ekonomi di Tegal yang membuatnya jadi jalur perdagangan komoditas yang penting. Hingga menjadi kota yang penting karena titik pertemuan jalan kereta api dan jalan raya Batavia.

Gedung Lanal di Tegal memang sangat penting pada saat itu dan hingga memiliki nilai sejarah yang sangat menarik untuk dikulik. Bahkan memberikan gambaran yang sangat penting karena menjadi saksi kemajuan industri dan ekonomi yang terkenal pada saat ini.

BACA JUGA: Sejarah Tegal yang Istimewa dengan Juru Demung Ki Gede Sebayu Penuh Perjuangan, Ini di Balik Kisahnya

Kota Tegal adalah salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan banyak hal menarik untuk dikulik. Bukan hanya bernilai sejarah saja, tapi terdapat tempat wisata yang menarik dan membuat para wisatawan domestik maupun Internasional.

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Tegal adalah pemandian air panas Guci yang memberikan manfaat untuk relaksasi dan kesehatan. Banyak sekali pengunjung yang datang untuk menikmati air hangat dengan pemandangan yang indah.

Tapi sejarah Gedung Lanal di Tegal pun juga sangat menarik untuk dikulik dan dipelajari karena sudah berdiri lama di Tegal. Bahkan tempat ini memiliki lokasi yang sangat strategis di akhir abad 19 dan awal abad 20an hingga jadi tempat yang penting.

Ternyata pentingnya Kota Tegal adalah sebagai titik pertemuan antara jalan kereta api atau jalan raya dari Batavia (Jakarta) menuju Surabaya. Selain itu jalur pertemuan dari Tegal menuju Purwokerto untuk perjalanan darat.

BACA JUGA: Miniatur Lawang Sewu! Sejarah Berdirinya Gedung Birao Tegal, Saksi Bisu Perkembangan Kereta Api di Tanah Jawa

Bukan hanya memiliki tempat yang strategis, ternyata posisi pelabuhan di kota Tegal menjadi salah satu pelabuhan utama yang terkenal. Sebab, pelabuhan di kota ini adalah jalur perdagangan komoditas dari Tegal, Brebes, dan Pemalang ataupun sebaliknya.

Bahkan pelabuhan tersebut juga menjadi salah satu jalur perdagangan komoditas dari tiga wilayah tersebut keluar Pulau Jawa. Sehingga tempat ini sangat penting pada masa kolonial hingga saat ini yang memberikan banyak tempat wisata menarik.

Melansir dari laman Pemerintah Kota Tegal, Gedung Lanal TNI Angkatan Laut ini adalah bukti pesatnya perkembangan industri dan ekonomi yang ada di Kota Tegal. Sebab tempat ini adalah Bank Pendanaan Modal yang dibangun pada 1914 yang dahulu bernama kantor NV Handelsbank Matschappij yang merupakan bank pendanaan sektor perkebunan.

Gedung bank ini memiliki luas 2.970 m2 yang memiliki ciri bangunan Eropa Klasik yang ada di jalan Proklamasi No.1 ini menjadi bukti bahwa ekonomi dan perniagaan berjalan pesat di Tegal pada masa Kolonial Belanda. Bahkan menjadi saksi dampak dari masuknya investasi swasta di Hinda Belanda.

Sumber: