Pantai Pulau Kodok di Tegal Menyimpan Mitos, Cukup Berendam Penyakit Ini Bakal Sembuh

Pantai Pulau Kodok di Tegal Menyimpan Mitos, Cukup Berendam Penyakit Ini Bakal Sembuh

MITOS_Pantai Pulau Kodok Menyimpan Mitos--

RADAR TEGAL - Tegal merupakan kota pesisir yang memiliki pantai dengan pasir hitam, kota yang kecil namun terdapat cerita rakyat dan mitos. Objek wisata pantai yang bernama Pantai Pulau Kodok di Tegal menyimpan mitos yang tersembunyi di balik keindahannya.

Pantai Pulau Kodok di Tegal menyimpan mitos yang sudah diketahui oleh beberapa masyarakat setempat dan beberapa masyarakat luar. Pantai yang memiliki ciri khas atau ikon yang dimiliki yaitu patung kodok untuk menandakan bahwa pantai tersebut Pulau Kodok.

Pantai Pulau Kodok di Tegal menyimpan mitos di balik keindahannya yang masyarakat ketahui, yang mana jika Anda berendam di pantai Pulau Kodok ini dapat menyembuhkan. Sembuh dari penyakit seperti asam urat, strok dan penyakit lainnya.

Namun, Anda harus tahu cerita lebih detail tentang Pantai Pulau Kodok di Tegal menyimpan mitos dari sumber-sumber yang lain seperti cerita dari masyarakat setempat. Konon, pada 2014 lalu ada seseorang yang berendam dan terbukti sembuh dari penyakit stroknya ngga muncullah kepercayaan, sehingga banyak masyarakat luar percaya akan penyembuhan tersebut.

BACA JUGA: Wisata Pantai Pulau Kodok di Tegal Ditata, Lapak Tidak Boleh Terlalu Dekat dengan Bibir Pantai

Pantai Pulau Kodok menyimpan mitos? 

Mitos yang tersebar sampai sekarang ini masih digunakan dan dipercaya oleh masyarakat luar. Ada salah satu masyarakat atau penduduk Pulau Kodok bernama Abdul mengatakan, banyak orang yang mandi selain berendam pada hari Minggu, pagi dan sore. Sudah jelas bahwa di pagi hari terasa segar dan lingkungan terlihat bersih dan asri.

Dengan adanya mitos Pantai Pulau Kodok di Tegal yang dipercaya menyembuhkan macam penyakit yang sering dialami oleh lansia. Karena kebanyak masyarakat yang berendam adalah lansia. 

BACA JUGA: Mitos Pantai Pulau Kodok Tegal Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit, Benarkah?

Perkembangan asal-usul Pantai Pulau Kodok

Pulau Kodok menyimpan mitos ini sudah lama dari tahun 2014, namun ini sejarah atau asal-usul adanya pantai Pulau Kodok. Pantai yang ada pada tahun 2010, yang mana sebelumnya bernama Pantai Martoloyo, karena diambil dari nama daerah pantai.

Kemudian sejak tahun 2019, Pemerintah Kota Tegal mengembangkan Pulau Kodok menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh masyarakat Tegal. Terdapat tempat-tempat untuk beristirahat dan mengenyangkan perut.

Pantai yang memiliki nama Pulau Kodok ini karena berasal dari masyarakat yang biasa memancing tambak dan berpindah-pindah tempat seperti layaknya kodok yang melompat.

Tidak hanya asal-usul cerita itu saja, bahwa ada juga informasi yang terdengar bahwa nama Pulau Kodok ini muncul karena banyak kodok yang melompat-lompat di daerah tersebut sebelum nama tersebut digunakan.

Sumber: