Cuma Dapat Lapar dan Dahaga, Ini 6 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan Anda

Cuma Dapat Lapar dan Dahaga, Ini 6 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan Anda

Hal yang Membatalkan Puasa--

RADAR TEGAL - Umat Islam yang menjalankan puasa harus memahami aturan dan tata cara puasa dengan baik agar ibadah tersebut dapat diterima oleh Allah. Menghindari segala hal yang membatalkan puasa juga merupakan bagian penting dalam menjalankan ibadah puasa.

Seperti ibadah lainnya, menjalankan puasa juga memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi. Ada beberapa hal yang membatalkan puasa, seperti makan atau minum secara sengaja, hubungan suami istri, atau bahkan sumpah palsu.

Penting bagi umat Islam untuk memahami hal yang membatalkan puasa agar ibadah mereka tetap sah dan diterima di sisi Allah. Simak berikut ini beberapa hal yang bisa membatalkan puasa yang harus kamu hindari agar kamu bisa menjalankan puasa dengan lancar.

6 hal yang bisa membatalkan puasa

BACA JUGA: Jadwal Buka Puasa Hari Ini, Sabtu 16 Maret 2024 di Tegal, Brebes dan Sekitarnya

1. Melakukan Pengobatan dari 2 Jalur

Menggunakan dua jalur untuk mengonsumsi obat dan benda lainnya berarti mengambil obat melalui dua jalur, yaitu melalui mulut atau dubur, yang dapat mengganggu puasa. Sebagai contoh, seseorang yang sedang menjalani pengobatan wasir harus menggunakan obat melalui dubur.

Karena itu, pengobatan wasir sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa atau saat sahur agar tidak mengganggu ibadah puasa. Dengan demikian, kita dapat menjaga kesehatan dan tetap menjalankan ibadah puasa dengan baik.

2. Makan dan Minum dengan Sengaja

Jika kamu sengaja makan atau minum saat berpuasa, maka puasanya menjadi batal. Namun, jika tidak sengaja makan atau minum, atau bahkan lupa bahwa sedang berpuasa, maka puasanya tetap sah. 

3. Sengaja Muntah

Salah satu hal yang bisa membatalkan puasa adalah jika seseorang sengaja muntah. Namun, jika muntah terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja, maka puasa tetap dianggap sah dan tidak perlu diulang. 

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat, Puasa Tuntas Sebulan Tanpa Loyo

4. Merokok

Sumber: