Menyingkap 5 Rahasia Puasa Ramadhan yang Sudah Terbukti dalam Penelitian Ilmiah, Cek Faktanya

Menyingkap 5 Rahasia Puasa Ramadhan yang Sudah Terbukti dalam Penelitian Ilmiah, Cek Faktanya

RAMADHAN 2024- Fakta rahasia puasa Ramadhan yang akan membuat kita lebih bersyukur.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Di balik momen spiritual yang khusyuk, Ramadhan juga identik dengan tradisi berpuasa, menahan diri dari lapar, haus dan hawa nafsu selama rentang waktu tertentu. Banyak di antara kita yang tidak menyadari adanya rahasia puasa Ramadhan.

Lebih dari sekadar ritual keagamaan, rahasia puasa Ramadhan tersimpan berbagai manfaat kesehatan yang telah dibuktikan secara ilmiah. Menjanjikan keseimbangan bagi jiwa dan raga. 

Menjadi hal yang menarik apabila kita mencari tahu apa saja rahasia puasa Ramadhan. Sekaligus menambah ilmu di tengah-tengah bulan yang suci ini.

Berikut ulasan mengenai rahasia puasa Ramadhan apa saja yang terkandung di dalamnya. Simak artikelnya di bawah ini. 

BACA JUGA: Full 30 Hari! Ini Jadwal Buka Puasa dan Imsak Bulan Ramadhan 2024 Wilayah Bandung Jawa Barat

Menyelami manfaat fisik puasa Ramadhan

Rahasia puasa ramadhan tak hanya mengantarkan pada pahala spiritual, tetapi juga memberikan efek positif pada kesehatan fisik. Di antara manfaatnya adalah:

1. Menempa tubuh ideal

Puasa membantu membakar kalori dan lemak berlebih, mengantarkan pada penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "Nutrition and Metabolism" menemukan bahwa puasa Ramadhan dapat membantu menurunkan berat badan hingga 1-2 kg dalam waktu satu bulan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, salah satu penyebab kematian utama di Indonesia.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "Atherosclerosis" menunjukkan bahwa rahasia puasa ramadhan dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 13% dan meningkatkan kolesterol HDL hingga 8%.

BACA JUGA: Keutamaan Sholat Tarawih Malam 1-30 Bulan Ramadhan, Ini Kata Kitab Durratun Nasihin

3. Menstabilkan gula darah

Sumber: