Simak! 7 Amalan Sunnah saat Ramadhan yang Dapat Menambahkan Pahala Berlipat Ganda

Simak! 7 Amalan Sunnah saat Ramadhan yang Dapat Menambahkan Pahala Berlipat Ganda

Ilustrasi. Amalan sunnah saat Ramadhan --Freepik

RADAR TEGAL - Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagus bagi umat Islam untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan agar mendapatkan pahala. Salah satunya yang mesti Anda jangan lewatkan yakni amalan sunnah saat Ramadhan.

Beberapa amalan sunnah saat Ramadhan ini bisa menambahkan pahala Anda secara berlipat ganda. Nabi SAW juga menganjurkan untuk umatnya memperbanyak amalan baik wajib maupun sunnah.

Jadi apa saja amalan sunnah saat Ramadhan yang harus kita lakukan? Oleh karena itu Anda mesti membaca artikel ini hingga selesai.

Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang 7 amalan sunnah saat Ramadhan. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya dapat kita praktekkan untuk meningkatkan pahala di saat bulan suci ini.

BACA JUGA: Selain Kurma, Ini 6 Buah yang Baiknya Dikonsumsi saat Buka Puasa, Cepat Ganti Cairan Tubuh yang Hilang

Amalan sunnah saat Ramadhan

1. Memperbanyak Sedekah kepada Orang yang Membutuhkan 

Amalan sunnah saat Ramadhan yang pertama yakni memperbanyak sedekah kepada orang yang membutuhkan. Salah satunya seperti memberikan makan maupun minuman untuk orang berpuasa akan mendapatkan pahala yang setimpal dengan pahala puasa orang yang disedekahi.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، إِلَّا أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِالصَّائِمِ شَيْءٌ

Artinya: Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut,” (HR Ahmad). 

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Saat mendengar adzan Maghrib berkumandang maka menyegerakan untuk berbuka puasa. Namun alangkah baiknya ikuti menurut sunnah yang diajarkan oleh Nabi yakni berbuka dengan memakan kurma. Jika tidak ada maka hendaknya dengan air putih.

إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا، فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمْرِ، فَإِنْ لَمْ يَجِدِ التَّمْرَ

فَعَلَى الْمَاءِ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ

 

Artinya: “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu mensucikan,” (HR Abu Dawud).  

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat, Puasa Tuntas Sebulan Tanpa Loyo

Sumber: