Waspada! Potensi Hujan Angin Kencang Disertai Petir di Tegal dan Sekitarnya Masih Berpeluang Terjadi

Waspada! Potensi Hujan Angin Kencang Disertai Petir di Tegal dan Sekitarnya Masih Berpeluang Terjadi

TUMBANG- Hujan angin kencang yang terjadi beberapa hari lalu menyebabkan pohon tumbang dan gangguan listrik di Kota Tegal. -Agus Wibowo-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Selama beberapa hari ke depan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tegal memperingatkan hujan angin kencang disertai petir di Tegal dan sekitarnya masih berpeluang terjadi. Hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat hingga bercampur angin berpotensi turun di sejumlah titik di wilayah Tegal Raya selama bulan Ramadhan 1445 H. 

Peringatan dini cuaca BMKG menyebutkan, hujan berintensitas lebat masih terjadi. Artinya hujan angin kencang masih perlu diwaspadai untuk saat ini.

Tidak hanya di Tegal Raya, hujan angin kencang atau curah hujan tinggi dapat menyebabkan kemunculan bencana hidrometeorologi di sebagian wilayah. 

"Masyarakat untuk tetap waspada terkait tingginya potensi munculnya cuaca ekstrem, salah satunya, bibit siklon tropis 94w yang dapat muncul di wilayah Jawa Tengah, khususnya selama bulan Ramadhan ini, termasuk wilayah Tegal Raya (Tegal dan sekitarnya)," kata Prakirawan Cuaca BMKG Tegal Laylya Isnaeni, Kamis 14 Maret 2024.

BACA JUGA: Hujan Disertai Angin Kencang Terjadi Brebes, Sejumlah Pohon Tumbang

Selain soal hujan angin kencang, menurutnya BMKG juga terus  memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana, maupun update cuaca.

"Intinya agar selalu waspada terhadap potensi munculnya cuaca ekstrem, seperti badai bibit siklon tropis 94w yang mengakibatkan hujan lebat dan angin kencang," harapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, aktifnya MJO di wilayah Indonesia, termasuk Monsun Asia berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar wilayah Jawa Tengah. 

Termasuk aktifnya gelombang atmosfer Rossby Ekuator di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk di Jawa Tengah. Adanya bibit siklon tropis 91S terpantau di Samudra Hindia sebelah barat daya Banten bergerak ke arah tenggara. 

BACA JUGA: Hujan Semalam, 7 Kecamatan di Brebes Terdampak Banjir

"Kondisi di atas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah, termasuk Tegal Raya," jelasnya. 

Karenanya BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan hujan angin kencang terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. 

Demikian informasi terkait potensi hujan angin kencang yang berpeluang kembali terjadi di wilayah Tegal dan sekitarnya. Semoga cuaca akan segera membaik. (*)

Sumber: