Hujan Semalam, 7 Kecamatan di Brebes Terdampak Banjir

Hujan Semalam, 7 Kecamatan di Brebes Terdampak Banjir

Sejumlah Kecamatan di Brebes terdampak banjir--

RADAR TEGAL - Dampak hujan deras Minggu 24 Februari 2024 malam, 7 kecamatan di Kabupaten Brebes terdampak banjir dan longsor. Tujuh kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Larangan, Bantarkawung, Salem, Jatibarang, Wanasari, Brebes dan Kecamatan Songgom

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusy Mansur mengatakan, total ada tujuh kecamatan di Brebes yang terdampak banjir dan longsor. 

"Data sementara yang kami himpun, total ada 7 Desa yang terdampak banjir dan longsor akibat hujan yang mengguyur semalam," ujarnya, Senin 26 Februari 2024 di ruang kerjanya.

Nusy menyebutkan, dari Minggu 25 Februari 2024 malam, pihaknya sudah melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir. Seperti di wilayah Kecamatan Jatibarang, yakni di Desa Bojong, Kedungtukang, Buaran dan Kebogadung.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Kali Pemali Brebes Meluap ke 4 Kecamatan, Sejumlah Titik Terendam Banjir

Sementara di Kecamatan Wanasari ada beberapa desa yang terdampak. Seperti Desa Lengkong Desa Sidamulya. Di Kecamatan Songgom ada juga yang terendam yakni Desa Wanacala. Kecamatan Larang, ada Desa Kedungbokor, Walahar dan Rengaspendawa. Sementara di Kecamatan Salem, banjir juga menggerus dan mengakibatkan longsor di ruas jalan penghubung Desa Ciputih dan Gandoang. 

"Bencana banjir kali ini akibat luapan Kali Pemali yang debitnya mengalami peningkatan. Jadi, limpas ke jalan dan merendam pemukiman warga," jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya masih melakukan evakuasi masyarakat yang membutuhkan bantuan. "Hingga saat ini, anggota kami masih di lapangan untuk mengevakuasi warga," pungkasnya. (*)

Sumber: