Stop Boros! Ini Dia 4 Cara Mengatur Keuangan saat Ramadhan, Sehingga Kantong Tidak Kempes

Stop Boros! Ini Dia 4 Cara Mengatur Keuangan saat Ramadhan, Sehingga Kantong Tidak Kempes

HEMAT- Cara Mengatur Keuangan Saat Ramadhan--

RADAR TEGAL - Bulan puasa Ramadhan 1445 H di Indonesia jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 untuk Muhammadiyah dan NU tanggal 12 Maret 2024. Karena kebutuhan saat puasa banyak, tentu kita butuh beberapa tips cara mengatur keuangan saat Ramadhan agar pengeluaran tidak membengkak.

Apalagi ketika bulan Ramadhan harga kebutuhan semakin mahal. Sehingga harus disiasati dengan cara mengatur keuangan saat Ramadhan dengan baik.

Salah satunya dengan menghindari konsumsi produk yang cara pembayarannya dengan kredit atau dicicil. Coba ikuti beberapa cara mengatur keuangan saat Ramadhan dengan baik.

Supaya selama bulan Ramadhan kita tidak lapar mata membeli barang yang tidak perlu-perlu amat. Simak yuk! Berikut cara mengatur keuangan kamu saat Ramadhan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Hemat dan Sehat untuk Sambut Awal Ramadan

4 Cara mengatur keuangan saat Ramadhan

1. Kelola Pengeluaran Harian

Cara yang pertama yaitu mengelola pengeluaran harian kamu di saat bulan Ramadhan. Ketika bulan Ramadhan biasanya anggaran belanja bulanan akan meningkat, baik belanja online maupun belanja langsung ke pasar ataupun toko dan lain sebagainya.

Untuk menghindari tabungan anda menipis, anda bisa melakukan kelola pengeluaran harian. Gimana sih caranya?, caranya yaitu dengan mengelola biaya harian seperti belanja sehari-hari selama berpuasa, belanja persiapan Lebaran, dan lain sebagainya.

2. Pilih agenda yang hemat tapi seru 

Cara mengatur keuangan saat Ramadhan yang kedua yaitu dengan memilih kegiatan berbuka puasa yang hemat tapi tetap seru. Anda dapat memilih agenda buka puasa yang seru dan menarik tanpa mengeluarkan cuan yang banyak. 

BACA JUGA: Lebih Hemat Bikin Sendiri, Ini Resep Es Buah Segar Modal 4000an untuk Berbuka Puasa, Hanya Modal Rp4.000an

Karena saat bulan Ramadhan akan banyak ajakan berbuka puasa, biasanya bertebaran dari teman lama, teman kampus, rekan kerja, kerabat, keluarga dan lain sebagainya. Ini menjadi salah satu cara mengatur keuangan saat Ramadhan dengan bukber seru tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak.

3. Menghindari Membeli Produk atau Barang dengan Kredit atau Dicicil

Sumber: