Dinkop UMKM Jateng dan Kota Tegal Bersama Komerce Dorong Bisnis UMKM lewat TikTok Affiliate

Dinkop UMKM Jateng dan Kota Tegal Bersama Komerce Dorong Bisnis UMKM lewat TikTok Affiliate

TIK TOK - Dinkop UMKM Jateng & Dinkop UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tegal menggelar pelatihan kepada 61 pelaku UMKM untuk mengembagkan bisnisnya lewat TikTok.--

RADAR TEGAL - Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) & Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tegal menggelar acara menarik untuk para UMKM, Sabtu 9 Maret 2024 di Big Berry Resto Tegal. Acara tersebut digelar untuk membuat bisnis UMKM melejit. 

Keduanya memfasilitasi UMKM lokal untuk belajar mengatur strategi pemasaran yang efektif. Acara yang bertajuk "Strategi Ampuh Tingkatkan Omset dengan TikTok Affiliate” itu diselenggarakan Pemkot Tegal bekerja sama dengan Komerce, startup di Purbalingga yang mendukung UMKM Go Digital. 

Acara tersebut bertujuan meningkatkan penjualan dan eksposur produk para UMKM lokal yang ingin menjangkau pasar lebih luas melalui TikTok Affiliate. Besarnya pengaruh digital di segala bidang dapat membuat banyak sektor terkena dampak positifnya.

Sosial media merupakan perwujudan interaksi digital yang menawarkan banyak keuntungan. Salah satu contohnya TikTok, yang tidak hanya menjadi tempat hiburan tetapi juga terdapat program afiliasi.

Perluas jaringan lewat Tik Tok Affiliate

Di mana program tersebut dapat memungkinkan UMKM memperluas jangkauan pasar secara signifikan. Penggunaan strategi yang tepat, UMKM dapat membuat kehadiran TikTok menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan.

Melalui acara pelatihan yang diadakan oleh Pemkot Tegal ini harapannya dapat membuat masyarakat memiliki arah gerak yang jelas. Kolaborasi dengan Komerce tentu membuat acara berlangsung begitu terstruktur.

Mengingat Komerce merupakan startup yang memiliki kompetensi di bidang Digital Marketing. Memiliki visi akselerasi digitalisasi UMKM, Komerce telah membantu lebih dari 5.000 UMKM di segala aspek operasional bisnis online di Indonesia.

Di antaranya penyediaan tim, pengiriman, pergudangan, pembayaran hingga manajemen marketplace. Dalam kegiatan ini, Dinkop dan UMKM Jateng & Dinkop UMKM Perindustrian serta Perdagangan Kota Tegal sungguh-sungguh menunjukkan kesungguhan mensejahterakan masyarakatnya.

Kolaborasi dengan Komerce untuk menghasilkan pelatihan komprehensif merupakan bentuk nyatanya. Terlebih Komerce memiliki layanan yang bernama Komclass, dimana dapat memberi training atau pengkapasitasan UMKM, sehingga mampu menghadapi persaingan. 

Risna Galih Saputra, Founder & CEO PT Creative Digital Utama, seorang expert yang sudah lama dan berpengalaman dalam bidang Digital Marketing TikTok Affiliate, diharapkan dapat meningkatkan skill pemasaran online.

Risna telah terbiasa melakukan afiliasi di TikTok setiap harinya, sehingga dengan lancar ia dapat berbagi wawasan mengenai tips dan trik yang selama ini menjadi andalan keberhasilannya.  

Pentignya pemasaran produk

Acara yang berlangsung ramai dan mengesankan itu dihadiri sebanyak 61 orang peserta dengan membawa semangat untuk belajar berbisnis. Banyak peserta menunjukkan antusiasnya dengan bertanya seputar tips dan trik penggunaan TikTok sebagai platform afiliasi untuk memasarkan produk. 

Selama acara peserta juga saling berkenalan dan memberikan informasi mengenai produk-produk yang mereka miliki. Sebagai pembicara, Risna berhasil membuat peserta aktif bertanya dengan penyajian materi yang tidak membosankan dan interaktif. 

Banyak dari mereka yang masih belum tahu cara menjual produk di TikTok. Bahkan, ada juga yang baru mengetahui bahwa TikTok dapat dijadikan platform jualan. 

Adanya acara ini, para pelaku UMKM Kota Tegal sungguh merasa terbantu. Akhirnya mereka mengetahui platform yang lebih beragam untuk memasarkan bisnis agar sukses melejit. 

“Setelah ikut kegiatan di sini alhamdulillah dari yang nggak tahu sosial media jadinya tahu, saya mau belajar lebih baik,” ungkap Sri, salah satu peserta.  

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut soal layanan training digital marketing, dapat kunjungi website https://www.komclass.id/dan instagram di https://www.instagram.com/komclassid.

Demikian informasi tentang pelatihan pemasaran melalui Tik Tok Affiliate, yang diseleggarakan Dinkop Jateng dan Kota Tegal bekerja sama dengan Komerce, startup dari Purbalingga yang mendukung UMKM Go Digital. (*)

 

Sumber: