5 Makanan Sehat untuk Berbuka atau Sahur, Tetap Berenergi Selama Beraktivitas di Bulan Puasa

5 Makanan Sehat untuk Berbuka atau Sahur, Tetap Berenergi Selama Beraktivitas di Bulan Puasa

5 rekomendasi makanan sehat untuk berbuka atau sahur-freepik-

BACA JUGA: Mengapa Kurma Jadi Makanan Wajib Saat Berbuka Puasa? Ternyata Ini Alasan dan Manfaatnya untuk Tubuh

Telur mengandung protein yang tinggi dan cocok dikonsumsi terutama saat bulan puasa. Makanan ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih cepat saat berbuka, sehingga meminimalisir makan berlebihan saat malam hari.

3. Pisang

Pisang jadi makanan sehat untuk berbuka atau sahur selain buah kurma yang bisa Anda konsumsi. Pisang juga jadi salah satu buah yang mengandung karbohidrat ringan serta sejumlah vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Mengonsumsi pisang dengan rutin bisa memberikan energi untuk tubuh terutama saat puasa. Selain itu, buah ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan sampai menjaga kesehatan jantung. Ia mengandung gula alami serta serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Ikan Berlemak

Makanan berenergi untuk menu berbuka atau sahur berikutnya yaitu ikan berlemak. Ikan jenis ini merupakan sumber protein dan vitamin B yang bisa memberikan energi yang baik selama berpuasa seharian.

BACA JUGA: 7 Bahaya Makan Mie Instan saat Sahur, Sebaiknya Hindari Agar Puasa Gak Batal

Adapun beberapa jenis ikan berlemak yang bisa Anda masukan ke daftar menu makanan sehat untuk berbuka atau sahur. Mulai dari salmon, tuna sampai sarden yang mengandung omega 3. 

Mengonsumsi ikan berlemak memiliki banyak manfaat berkat omega 3 yang tinggi. Mulai dari menjaga kestabilan kolesterol, mengurangi radang, sampai mencegah anemia. Maka dari itu, ikan jadi daftar menu berbuka atau sahur yang wajib ada.

5. Sayuran Hijau

Tentu saja sayur-sayuran tidak luput dan tidak boleh ketinggalan dari menu makanan sehat yang wajib dikonsumsi, termasuk selama bulan puasa. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi, seperti kale dan bayam.

Anda bisa membuat kreasi menu dari sayuran kesukaan Anda. Entah itu dibuat dengan salad, maupun sebagai pendamping lauk pauk Anda.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Menyehatkan Tanpa Mengundang Penyakit

Penutup

Sumber: