Cara Menyambut Ramadhan dengan Tradisi Unik Umat Muslim di Dunia, dari Lebanon sampai Mesir

Cara Menyambut Ramadhan dengan Tradisi Unik Umat Muslim di Dunia, dari Lebanon sampai Mesir

Cara Menyambut Ramadhan dengan Tradisi Unik di Dunia--

RADAR TEGAL – Ramadhan adalah bulan suci yang kedatangannya ditunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Di beberapa negara memiliki cara menyambut Ramadhan dengan tradisi unik di dunia yang beragam.

Ramadhan tidak hanya identik dengan puasa namun juga denga tradisinya yang menarik. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menyambut Ramadhan dengan tradisi unik di dunia.

Merayakan Ramadhan dengan meriah dilakukan beberapa negara dengan karakteristiknya masing-masing. Tradisi tersebut tersebut terus berkembang dengan  cara menyambut Ramadhan dengan tradisi unik di dunia.

Berbagai persiapan dilakukan umat muslim dunia untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba. Ini dia beberapa cara menyambut Ramadhan dengan tradisi unik di dunia.

BACA JUGA: 5 Tradisi Paling Unik Menjelang Ramadan di Tegal, Mulai dari Berbagi Agpao sampai Ziarah Kubur

6 Cara menyambut Ramadhan dengan tradisi unik di dunia 

1. 1. Padusan di Indonesia

Indonesia terkenal dengan ragam budayanya yang terus lestari. Salah satu tradisi yang sampai saat ini masih dilestarikan masyarakat yaitu padusan.

Dikutip dari The Culture Trip, padusan adalah tradisi membersihkan diri sebelum datangnya bulan ramadhan. Padusan berasal dari dialek Jawa yang artinya mandi.

Tradisi ini merupakan kebiasaan masyarakat Jawa yang berasal dari perpaduan agama dan budaya. Masyarakat Jawa percaya ritual ini disebarkan oleh Wali Songo yang menyebarkan agama islam ke seluruh Jawa.

Padusan sendiri dilakukan dengan cara menceburkan diri ke mata air, kemudian merendamkan tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Masyarakat Jawa percaya mata air memiliki makna spiritual sebagai bagian integral penyucian sebelum bulan puasa. 

BACA JUGA: 10 Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Bulan Ramadhan, Makan Telur Ikan Salah Satunya

2. 2. Menembakan Meriam di Libanon

Lebanon merupakan salah satu negara Timur Tengah yang memiliki tradisi unik bernama Midfa Al Iftar. Selama bulan ramadhan mereka akan menembakan meriam sebagai tanda masuknya waktu berbuka puasa.

Tradisi unik tersebut sempat akan hilang karena adanya invasi yang menyebabkan penyitaan beberapa meriam yang dianggap senjata pada tahun 1983. Tapi syukurnya tradisi ini berhasil dilestarikan Kembali oleh tentara Lebanon setelah perang dan berlanjut hingga sekarang.

3. 3. Menabuh Drum di Turki

Berbeda dengan Lebanon, Masyarakat Turki memiliki cara unik untuk membangunkan orang sahur. Biasanya mereka menggunakan drum dan pakaian tradisional ottoman.

Pakaian yang digunakan termasuk fez dan rompi, keduanya dihiasi dengan motif tradisional. Saat bulan ramadhan mereka akan keliling dan menabuh drum dengan menggunakan pakaian tradisionalnya.

BACA JUGA: Uniknya Tradisi Unggah-unggahan di Tegal, Momen Berbagi Kebahagiaan Setiap Menjelang Ramadhan

4.  4. Menyalakan Lentera di Mesir

Mesir memiliki tradisi unik yang dikenal dengan sebutan fanous warna-warni. Fanaos adalah lentera yang melambangkan persatuan dan kebahagian akan datangnya bulan suci Ramadhan.

Meskipun tradisi ini lebih condong ke budaya dibandingkan dengan agama. Namun Tradisi menyalakan lentera memiliki makna spiritual yang sangat kental akan budaya.

Sampai saat ini tradisi fanaous terintegrasi dengan budaya lokal. Seperti kebiasaan selama bulan Ramadhan anak-anak akan keliling dan berjalan-jalan membawa lampion sambil bernyanyi riang gembira untuk meminta hadiah dan permen.

5.  5. Bernyanyi Lagu Tradisional Albania

Negara Albania memiliki tradisi yang telah dilakukan sejak berabad-abad hingga sekarang. Tradisi itu dilakukan oleh anggota komunitas muslim Roma yang berasal dari kekaisaran Ottoman.

BACA JUGA: 5 Tradisi Unik di Tegal yang Jarang Banyak Orang Tahu, Salah Satunya di Bulan Syaban Menjelang Ramadan

Mereka mengumumkan awal dan akhir puasa dengan menyanyikan lagu tradisional. Selama bulan ramadhan, komunitas ini akan berbaris bolak-balik di Jalanan  dengan memainkan lodra.

Lodra adalah sebuah gendang silinder berujung ganda yang dilapisi kulit domba atau kambing. Setiap keluarga muslim akan mengundangnya masuk ke dalam rumah untuk bermain balada tradisional guna merayakan mulainya waktu berbuka puasa.

6.  6. Sahriwelas Delhi India

Salah satu tradisi ketika bulan puasa tiba di India adalah Sahriwelas Delhi. Tradisi ini akan berlangsung utamanya di beberapa daerah negara India yang mayoritas islam.

Para Sahriwelas Delhi akan berjalan dan berkeliling kota untuk mengingatkan umat muslim India agar melaksanakan ibadah sahur. Tradisi ini terus berjalan hingga saat ini untuk memeriahkan bulan suci ramadhan di India.

BACA JUGA: 10 Peluang Bisnis Menjelang Ramadhan, Nyari Untung Sambil Nunggu Buka Puasa

Itulah beberapa informasi mengenai cara menyambut ramadhan dengan cara unik di dunia. Apapun cara merayakanya harus tetap menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: