Hanya Ada di Indonesia, Ini 11 Tradisi Unik Lebaran, Ada yang Hampir Punah Tergerus Zaman

Hanya Ada di Indonesia, Ini 11 Tradisi Unik Lebaran, Ada yang Hampir Punah Tergerus Zaman

Selalu Dirindukan Kedatangannya, 11 Tradisi Khas Lebaran yang Dikenal Unik Hanya Ada di Indonesia--

RADAR TEGAL – Momentum yang paling dinanti-nantikan setelah menjalankan puasa Ramadhan adalah hari raya Idul fitri. Namun, tahukah Anda jika di Indonesia masyarakat memiliki tradisi unik untuk menyambut lebaran?

Tradisi unik lebaran itu, ada yang hingga kini masih terus dilakukan masyarakat. Namun, ada beberapa yang hampir tergerus zaman.

Aa banyak macam tradisi unik lebaran yang sudah turun-temurun dilaksanakan untuk menyambut hari kemenangan. Dimulai dari malam takbiran dan lalu bersilahturahmi ke sanak saudara.

Penasaran dengan tradisi unik lebaran, langsung saja simak artikel berikut ini. Pastikan membacanya hingga tuntas. 

BACA JUGA: Tips Memilih Baju Lebaran untuk Badan Berisi, Nomer 4 Tidak Perlu Dihindari

Tradisi Turun-temurun saat Lebaran di Indonesia

1. Mudik

Mudik adalah tradisi pulang kampung untuk menemui keluarga yang jauh dari mereka. Biasanya dilakukan oleh orang yang bekerja meratau atau orang yang sudah menikah dan tinggal di kota pasangan mereka.

Mudik banyak dilakukan saat menjelang lebaran karena di moment ini menjadi hari libur nasional dan cuti bersama yang cukup Panjang.

2. Halal bi Halal atau Silaturahmi

Tradisi unik lebaran ini dilakukan dengan berkumpul bersama kerabat dan keluarga besar. Terdapat budaya sungkeman atau menyalami orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan dan saling memohon maaf.

3. Ketupat

Ketupat menjadi icon tradisi unik setiap kali lebaran. Setelah sholat ied biasanya dalam suatu keluarga menyiapkan ketupat untuk disantap bersama keluarga dan kerabatnya.

Ketupat khas Indonesia biasanya disajikan bersamaan dengan opor ayam, kerupuk, dan daging.

BACA JUGA: Lagi Bikin Ketupat Lebaran, Rumah Warga Sidakaton Tegal Malah Terbakar

4. Menyediakan Kue Kering

Menjelang lebaran, di pasar tradisional banyak menjual kue-kue kering. Ada yang memilih untuk membeli di pasar ada pula yang memilih untuk membuat sendiri kue kering di rumah.

Beberapa kue kering yang biasanya dihidangkan di meja makan adalah kue putri salju, kue nastar, kue kacang, dan masih banyak lagi.

5. Membagikan THR

Bagi mereka yang belum sampai pada usia dewasa moment ini sangat dinanti-nantikan. THR merupakan sebuah singkatan dari Tunjangan Hari Raya yang dimaknai sebagai pemberian uang saku untuk anak-anak kecil.

6. Membeli dan Mengenakan Baju Baru

Mengenakan baju baru sudah menjadi tradisi unik lebaran. Berbelanja baju baru untuk sangat menyenangkan dan rasa tidak sabar untuk segera mengenakannya saat lebaran.

Biasanya toko pakaian memberikan diskon lebaran bagi para pemburu baju baru.

7. Mengirim Parcel Lebaran

Saat silaturahmi ke rumah sanak saudara biasanya akan membawa parcel lebaran yang berisi teh, camilan, kue, makanan kaleng, sirup, hingga barang lainnya.

8. Takbir Keliling

Aktivitas yang biasa dilakukan saat malam takbiran adalah mengumandangkan takbir dan menabuh bedug.

Tradisi unik lebaran pawai takbiran berlangsung pada malam hari. Di Indonesia pawai takbiran dilakukan dengan cara yang berbeda setiap daerah masing-masing.

9. Ziarah Kubur

Pada moment ini umat muslim di Indonesia mengunjungi makan keluarga dan orang tua untuk mendoakan keluarga yang telah berpulang mendahuluinya. Setelah berdoa, dilanjutkan menaburkan bunga dan menyiram air.

10. Menyalakan Petasan

Menyalakan petasan umumnya dilakukan saat malam takbiran, hal ini dilakukan untuk merayakan hari kemenangan yang telah tiba.

Namun sebaiknya tradisi khas lebaran yang satu ini dihindari agar tidak mengganggu anak bayi atau hewan.

11. Mengucapkan Selamat Hari Lebaran

Terakhir, tradisi unik saat perayaan lebaran yakni mengucapkan selamat hari lebaran entah itu kepada keluarga, kerabat, tetangga secara langsung atau membuat ucapan selamat yang dibagikan ke media sosial.

BACA JUGA: Momen Ramadhan, Isi Kegiatan dengan Tradisi Jiping di Ponpes Assalafiyah Luwungragi

Kesimpulan

Kamu sudah merindukan tradisi unik lebaran yang mana? Sabar ya, moment itu akan kamu rasakan sebentar lagi kok.

Demikian artikel tentang tradisi unik lebaran yang biasanya dilakukan masyarakat. Semoga dapat mengobati rasa rindu kamu terhadap hari lebaran. Sampai jumpa.(*)

Sumber: