Kelaikan Kendaraan Angkutan Umum di Tegal Dicek, Sopirnya Diperiksa Kesehatan

Kelaikan Kendaraan Angkutan Umum di Tegal Dicek, Sopirnya Diperiksa Kesehatan

Pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan umum di Tegal--

RADAR TEGAL - Menjelang Ramadhan, jajaran Polres Tegal Kota menggelar pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum di Tegal. Kegiatan dilaksanakan di Terminal Bus Kota Tegal, Kamis 7 Mei 2024 siang.

Selain pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum di Tegal, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopirnya. Kegiatan digelar Satlantas dengan tim dari Dokkes Polres Tegal Kota, Terminal Tipe A dan Dinas Perhubungan setempat.

Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Lantas AKP Agus Joko Guntoro mengatakan pihaknya melakukan pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum di Tegal. Pengecekan meliputi kondisi ban, rem, lampu sein, lampu utama, apar dan kelengkapan surat-surat kendaraan dan laik jalan.

"Kita lakukan pengecekan kalaikan kendaraan angkutan umum untuk memastikannya laik jalan. Baik dari sisi administrasi maupun teknis serta kesehatan para sopirnya," kata Kasat Lantas.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Polres Tegal dan Dishub Gelar Ramp Check Angkutan Umum

Selain itu, lanjut Kasat Lantas, pihaknya juga melakukan pengecekan kesehatan kepada pengemudi angkutan umum berupa cek tensi dan cek urine. Tujuannya, untuk menekan angka kecelakaan serta fatalitas korban kecelakaan yang akibat penggunaan obat terlarang oleh pengemudi angkutan.

"Pemeriksaan kita lakukan kepada para pengemudi bus yang akan melakukan perjalanan luar kota. Dari hasil pemeriksaan tersebut hasilnya nihil penggunaan obat-obatan terlarang," terangnya.

Kasat Lantas menambahkan, kegiatan pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum di Tegal juga dilakukan untuk mensosialisasikan Operasi Keselamatan Lalu lintas Candi 2024. Yang tergelar selama 14 hari secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. (*)

Sumber: