Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Polres Tegal dan Dishub Gelar Ramp Check Angkutan Umum

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Polres Tegal dan Dishub Gelar Ramp Check Angkutan Umum

PERIKSA - Satlantas berkolaburasi dengan Dishub lakukan pengecekan atau ramp check angkutan umum bus di terminal Dukuhsalam--

RADAR TEGAL - Polres Tegal bersama stakeholder terkait melaksanakan Ramp Check Angkutan Umum di Terminal Bus Dukuhsalam Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Itu, dilakukan dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H tahun 2024 yang di laksanakan 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasat Lantas AKP Wendi Andranu menyatakan pihaknya telah melakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan kendaraan umum dalam hal ini armada bus. Kegiatan juga diikuti pemeriksaan kesehatan para pengemudinya. 

"Kami melaksanakan ramp check angkutan umum secara teknis berupa, pengecekan ban, rem, speedometer, APAR pemadam kebakaran serta kelengkapan bus. Antara lain STNK, SIM, Surat Kartu Pengawasan Angkutan Penumpang Umum, dan surat Uji Kendaraan (KIR)," ujarnya Kamis ( 7/3).

Kanit Turjawali Satlantas Polres Tegal Ipda Chrisna Adi Winata SH menyatakan ramp check angkutan umum armada bus yang dilakukannya didapatkan hasil bus dalam kondisi lengkap. Baik, surat-surat kelengkapannya dan kendaraan layak jalan.  

BACA JUGA: Jelang Nataru, Dishub Kabupaten Tegal Gelar Ramp Check Kendaraan Angkutan

"Selain itu, kami juga melakukan pembagian leaflet atau brosur dan sticker Tertib Berlalu Lintas dalam rangka Ops Keselamatan Candi — 2024. Serta menghimbauan pengemudi agar selalu berhati-hati dan tertib berlalulintas pada saat membawa penumpang," cetusnya.

Menurut Kanit Turjawali, kegiatan itu dilakukan guna memastikan kendaraan dan pengemudi laik jalan. Serta endaraan yang dioperasionalkan layak dari sisi administrasi maupun teknis serta kesehatan sopir. 

"Kami lakukan kegiatan ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan angkutan umum dan selama Ops Keselamatan Candi 2024. Serta demi terciptanya Kamseltibcar Lantas di Wilkum Polres Tegal," ungkapnya.

Kanit Turjawali menambahkan pihaknya juga mengimbau kepada pengemudi angkutan bus umum dan barang untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara. Apabila sedang sakit dihimbau untuk istirahat terlebih dahulu.  

"Harapannya, dengan pelaksanaan ramp check ini dapat meminimalisir fatalitas dan menurunkan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Tegal. Sehingga terciptanya kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Tegal," tegasnya. (*)

Sumber: