6 Cara Menghemat Baterai HP Samsung Galaxy A53, Cuma Klik Fitur-fitur Ini Supaya Gak Bikin Lowbat

6 Cara Menghemat Baterai HP Samsung Galaxy A53, Cuma Klik Fitur-fitur Ini Supaya Gak Bikin Lowbat

Cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53 --

RADAR TEGAL - Samsung Galaxy A53 merupakan smartphone tangguh yang menawarkan beragam fitur. Namun, salah satu aspek terpenting dari ponsel pintar mana pun adalah daya tahan baterainya. Lalu bagaimana cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53 ini?

 

Jika kamu pengguna Samsung Galaxy A53 mesti tahu cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53. Hal ini supaya kamu tidak perlu repot-repot ngecas berulang kali.

 

Cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53 ternyata sangat mudah. Kamu cukup ikuti petunjuk yang akan kami beritahu di dalam pembahasan artikel kali ini.

 

Berikut ini cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53. Jangan lupa untuk praktekkan sekarang juga pada HP kesayangan Anda.

BACA JUGA: Cari HP Harga Rp2 Jutaan? Inilah Kelebihan dan Spesifikasi Samsung Galaxy A05s yang Patut Diperhitungkan

Cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53

 

1. Ubah kecepatan refresh tampilan

 

Kecepatan refresh layar ponsel yang tinggi cukup asik untuk digunakan. Namun, sayangnya mengonsumsi lebih banyak baterai.

 

Jadi, jika Anda ingin menghemat baterai harus membatasi kecepatan refresh layar. Sebagian besar produk HP Samsung, hadir dengan kecepatan refresh adaptif yang memastikan bahwa kecepatan refresh bisa 1Hz atau 120Hz.

 

Kecepatan ini tergantung pada konten atau skenario. Ini membantu menghemat masa pakai baterai ponsel. Sedangkan Samsung Galaxy A53 justru sebaliknya karena memiliki dua mode kecepatan refresh statis dan hanya satu yang dapat aktif dalam satu waktu.

 

Jika Anda ingin baterai bertahan lebih lama, silahkan pilih kecepatan refresh standar 60Hz. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan  pada ponsel dan pilih “Tampilan”, buka  “Kelancaran gerakan”,  lalu pilih  “Standar”,  dan ketuk  “Terapkan.”

 

BACA JUGA:7 Penyebab Pengguna Android Pindah ke iPhone, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Status Sosial?

 

2. Matikan Fitur Always On Display

 

Salah satu fitur unggulan dan paling menarik dari Samsung Galaxy A53 adalah mode Always On Display (AOD). Dengan teknologi Super AMOLED, mode ini menyenangkan untuk dilihat. Namun, jika ingin menghemat baterai sebaiknya matikan fitur ini.

 

Untuk mematikan mode Always On Display (AOD), buka aplikasi Pengaturan di Samsung Galaxy A53, klik “Kunci layar”, dan mematikan  opsi “Selalu Di Layar” .

 

3. Gunakan Opsi Hemat Daya

 

Samsung Galaxy A53 memiliki beberapa mode hemat daya yang dapat membantu  memperpanjang masa pakai baterai. Mode ini membatasi kinerja ponsel dan bisa mengurangi konsumsi baterai. 

 

Anda dapat mengaktifkan mode ini dengan membuka Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Daya.

BACA JUGA: Fitur HP Samsung Kamera Terbaik Ini Kalahkan Boba iPhone, Berikut Rekomendasinya

4. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

 

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menguras masa pakai baterai Anda. Cara hemat baterai HP Samsung Galaxy A53 yaitu tutup atau menonaktifkan aplikasi apapun yang tidak sering Anda gunakan.

 

Caranya cukup mudah yakni dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Info Aplikasi. Jika suatu aplikasi menghabiskan terlalu banyak baterai, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk uninstall pemasangannya.

 

5. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

 

Beberapa fitur di Samsung Galaxy A53 Anda dapat menghabiskan banyak baterai Misalnya, fitur seperti Bluetooth, GPS, dan Wifi dapat menguras baterai Anda dengan cepat. Untuk menghemat baterai, Anda dapat menonaktifkan fitur ini saat tidak digunakan. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Koneksi > Matikan Bluetooth, GPS, atau Wi-Fi.

 

6. Kurangi Kecerahan Layar

 

Tanpa disadari menggunakan HP dengan layar terlalu cerah dapat menguras baterai. Oleh karena itu agar hemat baterai sebaiknya mengurangi kecerahan layar.Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar dengan cara masuk ke Pengaturan>Tampilan> Kecerahan. 

BACA JUGA: Fitur HP Samsung Kamera Terbaik Ini Kalahkan Boba iPhone, Berikut Rekomendasinya

Dengan mengikuti cara menghemat baterai HP Samsung Galaxy A53 Anda dapat memanfaatkan fitur- fiturnya secara maksimal. Selain itu Anda dapat menggunakan ponsel seharian tanpa khawatir akan lowbat. (*)

Sumber: