Jelang Nataru, Dishub Kabupaten Tegal Gelar Ramp Check Kendaraan Angkutan

Jelang Nataru, Dishub Kabupaten Tegal Gelar Ramp Check Kendaraan Angkutan

Kegiatan ramp check angkutan nataru di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal menggelar Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Ramp Check). Kegiatan dilaksanakan dalam upaya persiapan Nataru, Selasa 19 Desember 2023.

Pelaksanaan Ramp Check dilaksanakan Dishuh bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait. Hal itu, sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat, utamanya saat pelaksanaan Nataru.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Plt Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor Singgih Wibowo, Pemkab Tegal bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tujuannya, untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan jelang Nataru.

"Sejumlah strategi untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Salah satunya, melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder serta melakukan pembagian tugas dan peran antar lintas sektoral,"ujarnya.

BACA JUGA:Jadi Angkutan Umum Natal dan Tahun Baru, 43 Armada Bus Disiapkan Dishub

Strategi lainnya, kata Singgih, melakukan inspeksi keselamatan ramp check terhadap seluruh armada angkutan umum. Khususnya bus yang ada di terminal Dukuhsalam dengan jurusan Tegal- Slawi - Jakarta lebih awal dan dilakukan secara menyeluruh.

"Inspeksi keselamatan ini dilakukan dengan menggandeng Satlantas, Jasa Raharja, dan DPC Organda. Yang kita cek adalah kartu pengawasan, STNK dan SIM yang menjadi domain Satlantas, kartu uji, dimensi kendaraan, dan fungsi lampu serta pengereman,"jelasnya. 

Menurut Singgih, untuk kendaraan yang tidak melengkapi administrasi tidak diperbolehkan beroperasi. Pihaknya mengatakan manfaat yang didapatkan dari ramp check, salah satunya sinergitas antar instansi. Dalam mewujudkan penyelenggaraan angkutan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 yang aman, selamat, lancar dan tertib. (*)

Sumber: