7 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Kreatinin dalam Ginjal, Sehat dan Enak Disantap

7 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Kreatinin dalam Ginjal, Sehat dan Enak Disantap

--

3. Jamur Shiitake

Bahan alami yang menurunkan kreatinin dalam ginjal yang ketiga jamur shiitake. Sayuran ini sangat mudah didapatkan, baik yang basah maupun yang sudah dikeringkan.

Dilansir dari United States Department of Agriculture (USDA) mengandung: Air: 89 gram, Protein: 2,24 gram, Energi: 34 kkal, Lemak: 0,49 gram, Karbohidrat: 6,8 gram, Serat: 2,5 gram, Kalsium: 2 miligram, Zat besi: 0,41 gram, Magnesium: 20 miligram, Fosfor: 112 miligram, Kalium: 304 miligram, Sodium: 9 miligram, Zinc: 1,03 miligram, Copper: 0,142 miligram, Mangan: 0,23 miligram, Folat: 13 mikrogram, Vitamin B6: 0, 293 miligram, Selenium: 5,7 mikrogram, Thiamin: 0,015 miligram, Riboflavin: 0,217 miligram, Niacin: 3,877 mikrogram, dan Pantothenic Acid: 1,5 miligram. Dari kandungan yang dimiliki jamur shiitake sangat cocok untuk menjaga kesehatan ginjal. 

4. Paprika Merah

Bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal yang keempat paprika merah. Anda dapat mencari paprika merah di mana saja. Selain itu, paprika merah merupakan sumber vitamin A, B6, C, serat, asam folat, dan antioksidan (lycopene). Kandungan antioksidan (lycopene) yang tinggi juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal. 

BACA JUGA: Cara Mudah dan Aman Menurunkan Kreatinin Tinggi dalam Ginjal, Pastikan Jaga Baik-baik Organ Vital Anda

5. Putih Telur

Telur sangat mudah dijumpai di mana saja. Bahkan di setiap rumah pasti ada.

Putih telur mengandung protein berkualitas tinggi dengan kandungan asam amino esensial, rendah fosfor dibandingkan kuning telur. Karena itulah, putih telur mampu meningkatkan fungsi ginjal. 

6. Air Putih

Bahan alami yang satu ini sering kita minum setiap hari. Sebagian komponen terbesar pada tubuh manusia adalah air. jadi sangat wajar apabila air merupakan hal penting bagi tubuh.

egitu pula dengan ginjal, air sangat dibutuhkan oleh ginjal untuk menyaring darah dan memproduksi urine. Mengkonsumsi air yang cukup dapat menjaga kesehatan ginjal.

BACA JUGA: Cegah Masalah Ginjal, Ini Dia Sayuran Penurun Kreatinin untuk Lansia 50 Tahun ke Atas

7. Kacang Merah

Bahan alami menurunkan kreatinin yang terakhir yaitu kacang merah. Kacang merah atau disebut juga dengan phaseolus vulgaris ini mempunyai kandungan protein, karbohidrat, dan kaya akan nutrisi seperti fosfor, magnesium, zinc, zat besi, vitamin B6. Selain itu, kacang merah juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Sumber: