3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Jelang Ramadan, Hati-hati Terjerat Tanpa Sadar

3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Jelang Ramadan, Hati-hati Terjerat Tanpa Sadar

3 modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan-freepik-

Penipuan yang sering dilakukan pinjol ilegal berikutnya dengan menawarkan pinjaman uang kepada korbannya. Biasanya mereka akan menawarkan lewat SMS, telepon, maupun chat personal di media sosial.

Awalnya akan ada sejumlah penawaran menggiurkan yang ditawarkan agar korbannya tertarik pinjam. Mulai dari syarat daftar tanpa adanya verifikasi, pencairan sangat cepat, pembayaran fleksibel, bunga rendah, dan sebagainya.

Memang terdengar menarik, namun Anda tetap harus waspada dengan penawaran seperti ini. Sebab, begitu terlanjur mendaftar dan mengisi sejumlah data pribadi, maka ada banyak risiko yang bisa terjadi.

Contohnya seperti hutang yang begitu tinggi karena adanya biaya bunga serta biaya tambahan lainnya yang ditambahkan tiba-tiba. Terlebih pinjol ilegal memang tidak transparan dan bisnisnya tidak mengikuti sesuai aturan OJK.

BACA JUGA: Sudah Rutin Bayar tapi Hutang Pinjol Tidak Kunjung Lunas, Ini Sejumlah Penyebabnya

3. Penagihan palsu

Modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan selanjutnya dengan penagihan hutang palsu. Biasanya nanti korban dikirimi pesan singkat atau dihubungi telepon untuk segera membayar tagihan, meski korban tidak pernah menggunakan pinjaman online.

Korban akan dipaksa membayar sejumlah tagihan yang diminta dan menggunakan ancaman dengan melaporkan ke polisi. Tidak hanya itu, mereka akan mengirim DC pinjol jika tidak segera membayar hutang sampai menyebarkan data pribadi.

Hal inilah yang seringkali membuat korbannya takut dan terpaksa memberikan uang yang diminta. Jika Anda mengalami hal ini, jangan takut selama Anda memang tidak pernah mengajukan pinjaman.

Tips terhindar dari penipuan pinjol ilegal

Setelah Anda tahu sejumlah cara penipuan oleh pinjol ilegal yang marak terjadi, maka Anda bisa lakukan beberapa hal untuk menghindarinya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

BACA JUGA: Bisakah Pinjol Hubungi Kontak Teman Nasabah Galbay? Simak Dulu Penjelasannya Berikut

1. Pilih pinjol legal OJK

Anda harus selalu gunakan layanan pinjol yang sudah terverifikasi OJK. Cara cek legalitas pinjol bisa lewat situs OJK atau di WhatsApp 081 157 157 157.

2. Pahami kebijakan

Sumber: