Sudah Rutin Bayar tapi Hutang Pinjol Tidak Kunjung Lunas, Ini Sejumlah Penyebabnya

Sudah Rutin Bayar tapi Hutang Pinjol Tidak Kunjung Lunas, Ini Sejumlah Penyebabnya

Hutang pinjol tidak kunjung lunas -freepik-

RADAR TEGAL- Ada sejumlah penyebab mengapa hutang pinjol tidak kunjung lunas meski sudah rutin bayar. Faktor-faktor ini jarang diketahui oleh nasabah pinjaman online.

Rutin bayar tapi hutang pinjol tidak kunjung lunas ini bisa terjadi pada layanan legal maupun ilegal. Hal ini sering terjadi pada nasabah yang meminjam pada platform pinjol ilegal.

Hutang pinjol tidak kunjung lunas dan rasanya justru semakin bertambah. Padahal sudah membayar sesuai nominal yang diminta atau tertera di aplikasi.

Berikut ketahui 4 penyebab hutang pinjol tidak kunjung lunas yang jarang diketahui. Simak pembahasannya sampai akhir artikel.

4 Penyebab hutang pinjol tidak kunjung lunas

Ada beberapa alasan mengapa hutang pinjol tidak lunas meski sudah merasa terus membayar secara rutin. Terlebih lagi jika Anda merupakan nasabah pada pinjaman online ilegal alias belum resmi OJK.

BACA JUGA: Sudah Ganti Nomor HP tapi Masih Diteror Pinjol Ilegal? Ini 3 Penyebabnya yang Jarang Disadari

1. Bunga tinggi

Pinjaman online ilegal menerapkan suku bunga yang terlalu tinggi. Mereka tidak mengikuti batasan tertentu untuk suku bunga ini sesuai aturan OJK. Inilah mengapa hutang terus membengkak dan nilainya cenderung tinggi.

2. Biaya tambahan

Faktor yang membuat hutang pinjol sulit lunas berikutnya adalah biaya tambahan yang dibebankan. Selain bunga, biasanya ada juga tambahan biaya seperti administrasi, denda, dan sejenisnya yang cukup memberatkan nasabah.

Apalagi jika pada pinjol ilegal yang tidak transparan sejak awal untuk tambahan biaya ini. Bahkan, nilainya bisa cukup besar melebihi aturan hukum yang berlaku.

3. Tidak memahami kebijakan

Penyebab hutang pinjol tidak kunjung lunas juga bisa jadi karena tidak memahami kebijakan yang diterapkan. Biasanya sebagian besar peminjam hanya berfokus pada nominal dan suku bunganya.

Sumber: