Bisakah Pinjol Hubungi Kontak Teman Nasabah Galbay? Simak Dulu Penjelasannya Berikut

Bisakah Pinjol Hubungi Kontak Teman Nasabah Galbay? Simak Dulu Penjelasannya Berikut

Bisakah pinjol hubungi kontak teman nasabah galbay ?-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini membahas bisakah pinjol hubungi kontak teman nasabah galbay. Jika Anda termasuk nasabah yang gagal bayar baik itu di layanan yang legal atau ilegal, wajib tahu informasi ini.

Tentunya sebagian besar nasabah galbay bertanya apakah pinjol bisa hubungi kontak teman yang tersimpan di ponsel. Sekalipun nomor-nomor mereka tidak didaftarkan sebagai kontak darurat.

Jika sampai pinjol hubungi kontak teman si nasabah galbay, tentu bisa membuat malu karena teman-temannya bisa tahu bahwa ia gagal membayar cicilan. Selain itu, privasi teman-temannya pasti akan terganggu.

Berikut ulasan pinjol hubungi kontak teman nasabah galbay yang harus Anda tahu. Pastikan Anda menyimak ulasannya sampai akhir.

Bisakah pinjol hubungi kontak teman nasabah galbay?

Jika Anda gagal bayar pada platform pinjol legal OJK ada beberapa risiko yang bisa terjadi. Pertama tentunya akan berdampak pada skor kredit atau SLIK OJK.

BACA JUGA: Lunasi Hutang Pinjol dengan Jual Aset? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Menjualnya

Ada tingkatan tertentu pada skor kredit sesuai dengan berapa hari sudah galbay kredit tersebut. Pihak pinjol legal berhak melaporkan kredit seluruh nasabahnya kepada lembaga laporan kredit.

Perubahan skor kredit ini akan berdampak pada kelayakan pinjaman di masa depan, baik itu pada pinjol legal sampai bank maupun tempat lain yang ada proses BI checking. Adapun risiko kedua yaitu kontak darurat akan dihubungi oleh pihak pinjol.

Hal ini bisa saja dilakukan pihak pinjol terutama jika nasabah galbay tersebut sengaja tidak merespon ketika dihubungi, apalagi sengaja kabur. Maka mereka biasanya akan menghubungi kontak darurat yang didaftarkan di awal.

Jika semisal Anda menggunakan kontak teman Anda sebagai kontak darurat, tentu bisa saja dihubungi. Namun, ada aturan saat pinjol menghubungi kontak darurat.

BACA JUGA: Sudah Ganti Nomor HP tapi Masih Diteror Pinjol Ilegal? Ini 3 Penyebabnya yang Jarang Disadari

Pinjol bisa hubungi kontak teman nasabah galbay yang tujuannya hanya boleh menanyakan keberadaan si peminjam. Bukan untuk meminta hutang si nasabah segera dilunasi, namun hanya menanyai keberadaan si nasabah.

Hal tersebut berlaku pada layanan legal, lantas bisakah jika pinjol ilegal hubungi kontak teman nasabah galbay? Jawabannya bisa jadi.

Sumber: