875 Hektare Lahan Padi di Brebes Terendam Banjir, 20 Ha Alami Gagal Panen

875 Hektare Lahan Padi di Brebes Terendam Banjir, 20 Ha Alami Gagal Panen

Komoditas bawang merah di Kabupaten Brebes banyak yang terendam banjir beberapa hari yang lalu.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Brebes sejak Senin hingga Rabu (26-28 Februari 2024) terendam banjir. Banjir tidak hanya merendam fasilitas umum dan pemukiman saja, ratusan hektare lahan padi di Brebes terendam banjir.

Dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes, dari 25-27 Februari 2024 total ada 875 hektare lahan padi di Brebes terendam banjir. Jumlah tersebut tersebar di delapan kecamatan.

"Luas terkena total 875 Ha lahan padi yang terendam. Jumlah tersebut tersebar di delapan kecamatan," ujar Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati, Rabu 28 Februari 2024 mengungkap luasan lahan padi di Brebes yang terendam banjir.

Delapan kecamatan terbagi di Kecamatan Jatibarang ada 168 hektare (ha) yang termasuk lahan padi di Brebes terendam banjir. Kecamatan Brebes 52 Ha, Kecamatan Bulakamba 32 ha, Kecamatan Bantarkawung 13 ha. Kemudian Kecamatan Songgom 96 ha, larangan 23 ha, Wanasari 465 ha dan Kecamatan Salem 26 ha.

BACA JUGA: Korban Banjir di Brebes yang Mengungsi Mulai Terserang Gatal-gatal dan Pilek, Dokter: Waspada Leptospirosis

"Dari total itu, luas (lahan pertanian yang mengalami) puso ada sekitar 22 Ha. Yaitu berada di wilayah Kecamatan Salem. Dan untuk yang lain sebagian besar sudah surut," jelasnya. 

Selain lahan padi di Brebes terendam banjir, tanaman jagung juga ikut terkenda dampak. Total ada 187 ha lahan pertanian jagung yang terendam. Semuanya tersebar di diempat kecamatan yang berbeda.

"Yakni di Kecamatan Songgom 115 ha, Bantarkawung 37 ha, Jatibarang 12 ha dan Kecamatan Larangan 23 ha. Dan ada luasan tanaman jagung yang mengalami puso seluas 8,5 ha di Kecamatan Bantarkawung," terangnya.

Sementara untuk luas lahan tanaman bawang yang terendam di Kabupaten Brebes total ada 186 ha. Tersebar di Kecamatan Brebes 74 Ha, Wanasari 65 Ha, Jatibarang 27 Ha dan Larangan 20 Ha.

Demikian informasi terkait lahan padi di Brebes yang terendam banjir. Semoga musibah ini cepat berakhir. (*)

Sumber: