40 Sekolah Terendam Banjir di Brebes, Kegiatan Belajar Mengajar Terpaksa Diliburkan

40 Sekolah Terendam Banjir di Brebes, Kegiatan Belajar Mengajar Terpaksa Diliburkan

Kepala Dindikpora Brebes (dua dari kiri) saat meninjau SMP Negeri 5 Brebes usai terdampak banjir.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 40 sekolah terendam banjir di Brebes. Akibatnya kegiatan belajar mengajar terpaksa diliburkan.

Sekolah yang terendam banjir di Brebes terdiri dari  SD dan SMP negeri di Kabupaten Brebes. Sekolah itu terdampak bencana banjir sejak Senin dan Selasa 26-27 Februari 2024.

Data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahharga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, total sekolah terendam banjir di Brebes pada Senin 26 Februari 2026 sebanyak 20 sekolah. Sementara hari ini, ada 20 sekolah lagi yang terdampak.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Juwita Asmara mencatat, ada 20 sekolah terendam banjir di Brebes yang terdiri dari SD dan SMP kemarin. Kegiatan belajar mengajar di belasan sekolah di antaranya terpaksa diliburkan karena ruang kelas tidak bisa digunakan. 

BACA JUGA:  Geger! Jenazah Laki-laki Ditemukan di Saluran Irigasi Kedungtukang Jatibarang Pasca Banjir Brebes

Sekolah yang terendam banjir di Brebes tersebut tersebar di empat kecamatan dan tiga kecamatan lainnya masih dalam pendataan. Untuk Kecamatan Wanasari meliputi SDN Jagalempeni 04, SDN Jagalempeni 05, SDN Jagalempeni 03, SDN Glonggong 01, SDN Glonggong 02, SDN Lengkong 02.

Kemudian Kecamatan Jatibarang meliputi SDN Kedungtukang 01, SDN Kedungtukang 02, SDN Bojong 02.  Di Kecamatan Bantarkawung meliputi SDN Kebandungan 02, SMPN 7 Satu Atap Bantarkawung, SMPN 5 Satu Atap Bantarkawung, SMPN 3 Satu Atap Salem, SMPN 6 Satu Atap Salem, dan SMPN 4 Satu Atap Paguyangan.

Untuk Kecamatan Brebes, sekolah terendam banjir meliputi SDN Pemaron 02 dan 03, SDN Terlangu 02 dan 03, serta SMPN 5 Brebes. 

Sementara hari ini, total ada 20 sekolah terendam banjir di Brebes. Sekolah terdampak itu tersebar di tiga kecamatan.

BACA JUGA:  Hari Kedua Banjir di Brebes, Meluap ke 3 Kelurahan dengan Ketinggian Sepaha Orang Dewasa

Yakni, Kecamatan Brebes, Songgom dan Kecamatan Salem. Di Kecamatan Brebes total ada 15 sekolah terendam banjir di Brebes. Di antaranya SD dan SMP.

Yakni, SD Negeri Jagalampeni 01, 03, 04 dan 05, SD Negeri Glonggong 01 dan 02, SD Negeri Sisalam 01 dan 02, SD Negeri Lengkong 01 dan 02, SD Negeri Pemaron 02 dan 03, SD Negeri Terlangu 01, SD Negeri Sawojajar 02 dan SMP Negeri 03 Brebes.

“Sementara lima sekolah lainnya yaitu SD Negeri Pengilon, Kecamatan Songgom. Dan SD Negeri Kedumanis, SD Negeri Citimbang, SD Negeri Gandoang dan SMP Negeri 06 Salem. Semua aktivitas belajar mengajar di sekolah yang terdampak siswa belajar di rumah,” simpul terkait sekolah yang terendam banjir di Brebes. (*)

Sumber: