Pulkam, Lulusan S2 Universitas Australia Ingin Naikkan Kelas UMKM di Tegal Jadi Go Internasional

Pulkam, Lulusan S2 Universitas Australia Ingin Naikkan Kelas UMKM di Tegal Jadi Go Internasional

Faruq, pemuda yang bercita-cita menaikkan kelas UMKM di Tegal menjadi go internasional--

RADAR TEGAL - Lama berkelana hingga ke luar Negeri, seorang pemuda akhirnya pulang kampung (Pulkam) ke Tegal. Kepulangannya ke kampung halaman kali ini membawa sebuah mimpi, ingin menaikkan kelas UMKM di Tegal bisa go Internasional.

Sekjen Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Faruq Ibnul Haqi mengatakan UMKM di Kota Tegal, berpotensi untuk naik kelas hingga go internasional. Itu, apabila mereka diberikan pendampingan dan penanganan yang tepat.

"Jadi tidak sedikit produk Indonesia yang banyak mendapatkan peminat di luar negeri. Itu terbukti saat saya masih menjadi Presiden PPI periode 2021-2022," katanya saat menghadiri pertemuan dengan warga di Kelurahan Debong Tengah, Senin 26 Februari 2024.

Saat itu, kata Faruq, banyak produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia dia bawa ke Turki. Di sana, banyak yang diterima, sehingga dirinya yakin UMKM di Tegal pun memiliki potensi untuk mendunia atau go internasional.

BACA JUGA: Terkendala Izin Edar Sabun Cuci, Pelaku UMKM Kabupaten Tegal Minta Difasilitasi Pemda

Menurut Faruq, banyak formula yang bisa dilakukan untuk mewujudkan UMKM mendunia. Salah satunya dengan mengkurasi terlebih dahulu produk-produknya yang maju dan layak serta siap untuk naik kelas.

"Selain itu, dapat dilakukan pula sinergi dan kolaborasi dengan elemen stakeholder lain. Bahkan, tidak sedikit dari kementerian UMKM dan koperasi maupun Rumah BUMN, yang bisa diajak kerja sama," ujar lulusan S2 universitas di Australia itu.

Ketika kurasi itu sudah muncul, kata Faruq sepanjang adalah dengan melakukan coaching terlebih dahulu. Baru kemudian diberikan bekal. 

"UMKM Tegal itu bisa naik kelas atau bahkan go internasional. Itu sudah ada rumusnya di situ,” jelasnya. (*)

Sumber: