6 Fakta Unik Tentang Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang, Salah Satunya Ihwal Julukan Jepangnya Indonesia

6 Fakta Unik Tentang Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang, Salah Satunya Ihwal Julukan Jepangnya Indonesia

6 Fakta Unik Tegal yang Belum Banyak Diketahui,--

Meski populer di Nusantara, Tegal tidak memiliki warteg. Warung makan di kota ini hanya disebut sebagai warung nasi dan khususnya dikenal dengan kuliner nasi ponggol, nasi putih dengan lauk sambal tempe dan tahu yang dibungkus daun pisang.

5. Banyak Sekolah Marinir

Tegal memiliki peran penting dalam pembentukan Marinir TNI AL dengan sekolah pelayaran Belanda yang berkembang di sana dan pembentukan Korps Marinir pada 15 November 1945 di bawah Pangkalan IV TKR Laut Tegal.

BACA JUGA: Bandara di Tegal Ternyata Pernah Ada, Jumlahnya Bukan Satu Tapi Dua

SAL Tegal adalah sekolah Angkatan Laut pertama yang menghasilkan Marinir. Pangkalan Tegal juga memiliki banyak pengalaman bertempur di darat. Di samping itu, Tegal juga memiliki Sekolah Perwira Infanteri (Sepaif), Sekolah Bintara Infanteri (Sebaif), dan Sekolah Tamtama.

6. Wayang Golek Cepak Tegalan

Wayang Golek Cepak adalah kesenian tradisional Tegal yang unik, dengan karakter wayang yang memiliki bentuk kepalanya yang datar. Dalang terkenal Ki Enthus Susmono yang juga Bupati Tegal, sering menghibur penonton dengan pesan moral yang disampaikan secara menghibur dan mudah dipahami.

Itulah sederet fakta unik Tegal yang belum banyak diketahui dan menjadi salah satu keragaman budaya Indonesia yang patut dibanggakan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: