6 Fakta Unik Tentang Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang, Salah Satunya Ihwal Julukan Jepangnya Indonesia

6 Fakta Unik Tentang Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang, Salah Satunya Ihwal Julukan Jepangnya Indonesia

6 Fakta Unik Tegal yang Belum Banyak Diketahui,--

RADAR TEGAL - Sering kali disebut tempat kelahiran warteg, salah satu fakta unik tentang Tegal yang sudah dikenal yaitu dikenal sebagai Kota Bahari yang telah berkembang sejak tahun 18950-an. Sebutan ini telah menjadi identitas Tegal karena suasana kotanya yang bersih, aman, hijau, asri, rapi, dan indah yang kemudian menjadi cikal bakal terciptanya nama Bahari.

Terletak di Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah, dengan Brebes di sebelah barat, Pemalang di sebelah timur, serta Purbalingga dan Cilacap di sebelah selatan, membuat sederetan fakta unik Tegal membuat banyak orang penasaran.

Memiliki luas wilayah 87,60 kilometer persegi, Tegal dihuni oleh 90 persen penduduk suku Jawa dan sebagian kecil lainnya adalah keturunan Arab dan Tionghoa. Tidak hanya itu, ada sederet fakta unik Tegal lainnya yang membuat kota ini menonjol dan berbeda dengan kota lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: 6 Cafe Paling Nyaman di Tegal Ini Pas Banget buat Bukber di Bulan Ramadhan, Instagramable Banget

Fakta unik tentang Tegal

1. Dijuluki Jepangnya Indonesia

Tegal pernah dijuluki sebagai "Jepangnya Indonesia" karena industri logamnya yang berkembang sejak tahun 1940 untuk kebutuhan perang tentara Jepang. Masyarakat Tegal terampil dalam mengolah logam untuk berbagai keperluan dari alat pertanian hingga perhiasan.

Mereka mahir dalam pembuatan peralatan kapal, alat pertanian, suku cadang, bahkan perhiasan. Karena banyaknya penduduk yang terampil dalam bidang tersebut, akhirnya Tegal dijuluki sebagai Jepangnya Indonesia.

2. Dialek Jawa Banyumasan

Bahasa Jawa Tegal adalah dialek Jawa yang berbeda dengan daerah lain, ditandai dengan pengucapan kata dan kalimat yang kental. Meskipun memiliki kesamaan kosakata dengan bahasa Banyumas, dialek Tegal memiliki perbedaan dalam intonasi, pengucapan, dan makna kata.

BACA JUGA: 5 Alasan Harus Liburan ke Tegal yang Punya Perpaduan Wisata Alam dan Mitos Menarik

3. Teh Slawi sebagai Ikon Minuman Tradisional Tegal

Minum teh adalah tradisi yang kuat di Tegal, bahkan lebih kental dibandingkan dengan kota-kota lain di sepanjang pesisir utara Jawa Tengah. Teh Slawi yang dinamai dari kota Slawi merupakan minuman istimewa yang diseduh dalam poci berbahan tanah liat dan disajikan dengan gula batu tanpa diaduk.

4. Tidak Ada Warteg

Sumber: