Gak Boleh Gentar, Ini 7 Cara Agar Debt Collector Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Pasti Kapok

Gak Boleh Gentar, Ini 7 Cara Agar Debt Collector Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Pasti Kapok

Cara agar debt collector pinjol tidak datang ke rumah --

RADAR TEGAL - Kedatangan debt collector pinjol ke rumah untuk menagih hutang ini membuat kita merasa gentar dan was- was. Oleh karena itu Anda wajib mengetahui cara agar debt collector pinjol tidak datang ke rumah.

 

Dengan mengikuti cara agar debt collector pinjol tidak datang ke rumah ini dijamin efektif. Makanya mulai sekarang juga Anda mesti praktekkan.

 

Lantas bagaimana cara agar debt collector pinjol tidak datang ke rumah? Mari kita simak penjelasannya di dalam artikel ini.

 

Karena di dalam artikel ini akan memberikan bocoran cara agar debt collector pinjol tidak datang ke rumah. Simak sampai tuntas supaya menemukan jawabannya dengan jelas.

BACA JUGA: Gak Perlu Takut, Ini Cara Melunasi Hutang Pinjol agar Terhindar dari Galbay Jelang Puasa

1.Jangan Sampai Telat Bayar Pinjol

 

Hal pertama yang mesti Anda ketahui adalah jangan sampai telat bayar tagihan pinjol sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Jika Anda mengalami telat pembayaran sudah dipastikan suku bunga akan bertambah, maupun adanya denda. Bahkan debt collector lapangan juga bisa menagih hutang secara langsung ke rumah.

 

2. Pastikan Mengajukan Pinjaman Sesuai Dengan Kemampuan

 

Kemudian jika memang Anda sedang darurat membutuhkan uang dan terpaksa pinjam uang di pinjol pastikan dengan jumlah yang wajar sesuai kemampuan Anda. Hal ini supaya untuk menghindari kesulitan membayar tagihan di setiap bulannya.

 

3. Jangan Blokir Kontak Debt Collector

 

Seperti kita ketahui saat telat membayar tagihan pinjol maka akan mendapatkan telepon, pesan singkat, SMS maupun email yang bertujuan memberikan peringatan supaya segera membayar. Meskipun itu sangat buat kita merasa terganggu jangan pernah memblokir kontak mereka. 

 

Karena jika Anda memblokir nomor debt collector maka akan memperburuk situasi karena mereka tidak bisa menghubungi Anda untuk mengatur pembayaran yang lebih baik.

 

4. Cermati Tanggal Jatuh Tempo

 

Saat kita memiliki tagihan pinjol dan hal penting adalah perhatian dengan seksama tanggal jatuh tempo untuk pembayaran pinjaman Anda. Ini adalah hal yang krusial dan Anda harus membayarnya tetap waktu sesuai dengan kesepakatan.

BACA JUGA: Jangan Sampai Telat Membayar Kredit, Hindari DC Pinjol Datangi Rumah Nasabah untuk Menagih

Jika mengalami telat pembayaran sudah dipastikan akan menimbulkan masalah lebih lanjut.

 

5. Minta Perjanjian Waktu

 

Jika saat ini keuangan Anda memang tidak stabil lebih baik komunikasikan kepada perusahaan pinjol dan sampaikan niat baik Anda untuk segera melunasi hutang. Dan mintalah perjanjian waktu pembayaran yang lebih fleksibel.

 

Biasanya beberapa perusahaan pinjol mau bekerja sama untuk mengatur rencana pembayaran hutang yang lebih terjangkau.

 

6. Mengenal Hak dan Kewajiban Sebagai Konsumen

 

Lalu wajib mengenal hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen. Anda memiliki hak untuk diperlakukan dengan hormat dan adil oleh debt collector pinjol. 

 

Oleh karena itu pastikan untuk memahami hak Anda agar Anda dapat melindungi diri sendiri.

 

BACA JUGA: Pinjol Cepat Cair Syarat Mudah, Cocok untuk Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran

 

7. Tetap Tenang Jika DC Datang ke Rumah

 

Terima kedatangannya dengan baik, tetap tenang dan mempersilahkan mereka masuk.Kemudian tanyakan identitas diri debt collector seperti surat tugas penagihan dari perusahaan, kartu nama lengkap, sertifikasi APPI atau Asosiasi Pembiayaan Indonesia. Tujuannya adalah penagih hutang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya. 

 

Lalu cobalah untuk menjelaskan secara baik-baik tentang kondisi keuangan Anda saat ini dengan jujur dan ajukan proposal pembayaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

 

Sebagai informasi tambahan, debt collector pinjol ini saat ini memiliki aturan kerja yang harus diikuti dan ditaati. Jadi mereka tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan menyakiti, mengancam maupun hal negatif lainnya kepada nasabah. 

 

Namun jika Anda mengalami hal kejadian tidak menyenangkan dari debt collector pinjol harus segera laporkan ke OJK maupun ke kantor polisi terdekat.

BACA JUGA: 4 Risiko Ambil Pinjol untuk Kebutuhan Ramadan, Mulai dari Riba sampai Dikejar DC Lapangan

Itulah beberapa cara agar debt collector pinjol tidak datang ke rumah yang mesti Anda ketahui. Semoga bermanfaat (*)

Sumber: